Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Di SMA Negeri 3 Pangkep

Penulis

  • Maulidiyah Azizah Rahmah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muh Dede Fausan Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Hawaida Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i3.602

Abstrak

Penelitian tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Aminaker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XII di SMA Negeri 3 Pengkep. Dasar penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar masih sangat minim sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sifatnya ceramah sehingga memengaruhi nilai siswa yang sebagian besar masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penggunaan metode pada penelitian dengan metode pre eksperimen dengan jenis desain berupa one group pretest-posttest design. Pada populasi penelitian tediri 5 kelas berjumlah 196 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana) maka sampel yang diambil adalah kelas XII IPS 1 dengan jumlah 20 siswa. Jenis instrumen berupa observasi dan tes. Analisis data dengan teknik analisis yaitu statistika dekriptif kuantitatif menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris, analisis data yang diperoleh dari pretest memperoleh nilai minimum 30 dan nilai maksimum 80, sedangkan hasil analisis posttest diperoleh nilai minimum 50 dan nilai maksimum 90. Dan nilai rata-rata dari treatment pretest yaitu 60, sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 90. Maka dapat disimpulkan bahwa media Animaker cukup berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa inggris untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pangkep.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas IV SD UMP. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1-11.

Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.

Martina. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaraan Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tilung Selapan Kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Patah. 1(2). 164-180.

Marpaung, S. (2017). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Multidiplin Ilmu.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Munawar, B. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Pedagogik, 4(2), 163-177.

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110-115.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Rahmah, . M. A. ., Fausan, M. D., Nasir, & Hawaida. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Di SMA Negeri 3 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 226–232. https://doi.org/10.56983/gps.v1i3.602