Analisis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Terhadap Teks Biografi Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.599Kata Kunci:
Discovery Learning, Peningkatan Belajar, Teks BiografiAbstrak
Genre tulisan yang dikenal dengan “teks biografi” merupakan karya nonfiksi yang berfokus pada kehidupan pengarangnya. Hasil dari pembelajaran siswa masih terbilang sangat rendah, dan untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan metode discovery Learning . metode discovery learning adalah proses pembelajaran di mana peserta didik tidak disajikan dalam bentuk final, tetapi diharapkan mengorganisasikan secara mandiri. Discovery learning lebih fokus kepada menemukan konsep yang belum diketahui sebelumnya. Melalui strategy discovery learning kesulitan siswa dalam menulis teks biografi akan teratasi karena siswa akan mencari informasi sendiri, menyelidiki dan menemukan fakta atau kebenaran baru. objektif dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategy discovery learning pada kelas XII DKV SMKN 1 Pangkep tahun ajaran 2021/2022. Metodologi penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan dua siklus, Setiap siklus terdiri dari tiga jenis tahapan yang berbeda: tahap perencanaan, tahap pelaksaan dan observasi, dan tahap refleksi. dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument test yaitu tes siklus 1 dan tes siklus 2. Setelah test, peneliti menganalisis hasil data secara manual . Dari analisis data, diperoleh hasil efektivitas proses pembelajaran, siklus I kurang dari 100%. Namun, persentase siswa yang menyelesaikan semester kedua tahun kedua studinya telah melampaui 100%. Ketuntasan meningkat 80% pada siklus I dan 92,86% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XII DKV SMKN 1 Pangkep dalam mempelajari teks biografi.
Unduhan
Referensi
Gagne, R. & Briggs, L.J. (1979). Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinchart and winstone.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hadi. S. 2002. Statistik Jilid 3. Yogyakarta: Andi.
Hamalik Oemar. 2004. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ismayanti Eni, Kholiq Abdul. (2020). An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Descriptive Text. E-Link Journal, 1(7), 2621-4156
Larasakti, S., Gumono, dan Susetyo (2019). Kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMAN 3 Bengkulu Tengah tahun 2019. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(3), 342-350.
Mulya, S. V., Hilal, I., dan Ariyani, F. (2017). Pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 1-.
Iin Puji Rahayu (2019) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.
Sudjana. (2014). Metode Statistika. Bandung: Tarsido.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya Cahyo, Agus N .2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogjakarta: DIII aPress
Sa’adah, Nurus. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Menyusun Teks Cerita Biografi Berupa Film Pendek Yang Bermuatan Nilai Karakter Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Semarang: Unnes.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Panduan Operasional
Mahsun. 2014. “Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang Menggunakan Strategi Pembelaajaran Aktif Tipe Imformation Search (Mencari Informasi)”. Skripsi STKIP PGRI. PGRI Sumatera Barat: tidak diterbitkan
Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. CV. Solusi Distribusi: Kata Pena
Tarigan, H. G. 1986, Keterampilan Menulis dan Berbahasa, Bandung: Angkasa Jaya.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta.
Harahap, Syahrin. 2014. Metodeologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Riyadi, Hasan. 2015. “Keefektifan Model Project Based Learning untuk Pembelajaran Menyusun Teks Biografi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan”. Universitas Negeri Yogyakarta.pdf. Diunduh pada tanggal 23 Oktober 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.