PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 UPT SMA NEGERI 9 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.605Kata Kunci:
,Peserta didikAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Kelas X IPS 1 UPT SMA Negeri 9 Pangkep. Data hasil penelitian diambil dari data kuantitatif berupa hasil tes belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan dengan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh ketuntasan belajar mencapai 40% atau ada 6 siswa dari 15 siswa sudah tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 hanya sebesar 40% lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 10%. belajar mencapai 73% atau ada 11 siswa dari 15 siswa sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini ketuntasan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar siswa ini karena setelah guru menginformasikan bahwa setiap akhir pelajaran akan selalu diadakan tes sehingga pada pertemuan berikutnya siswa lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu siswa juga sudah mulai mengerti apa yang dimaksudkan dan diinginkan guru dengan menerapkan dengan model pembelajaran Discovery Learning.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.