Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas Dengan Model Pembelajaran PJBL Pada KELAS X TKR Di SMKN 9 Pangkep

Penulis

  • Kiki Reski Handayani Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rukli Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muh Farid Raihan Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.755

Kata Kunci:

PJBL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Motivasi belajar adalah energi penggerak yang ada dalam diri peserta didik  dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi belajar muncul karena adanya kesadaran dalam diri peserta didik dan memberikan kesiapan pada peserta didik untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dengan Model Pembelajaran PJBL Pada Kelas X TKR Di SMKN 9 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan untuk analasis data menggunakan analisisi deskriptif. Hasil observasi pada siklus I dengan menerapkan dengan model pembelajaran PJBl diperoleh ketuntasan belajar yang sangat buruk. Pada kelas X TKR yang hanya mencapai 10%  saja, atau hanya ada 2 orang peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dan 18 orang lainnya tidak tuntas dalam pembelajaran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. Hasil observasi pada siklus II terlihat  bahwa ketuntasan belajar pada kelas X TKR mencapai 100% atau semua peserta didik yang terdapat pada kelas tersebut mengalami ketuntasan belajar. Dan hal tersebut sangat mengalami perubahan yang dilihat dari siklus pertama yang ketuntasan belajar peserta didiknya hanya ada 2 orang saja. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini ketuntasan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armanisah, Armanisah. 2021. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX.” Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang 1(1):23–27. doi: 10.53889/jpig.v1i1.21.

Hernawati, Eneng. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 6(2):118–31. doi: 10.36052/andragogi.v6i2.60.

Kurnia, Rosman. 2020. “Journal of Vocational Education and Information Technology.” Journal of Vocational Education and Information Technology 1(1):1–6.

Musdalifah, A. J. Patandean, and Nurhayati. 2013. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Diskusi Kelompok Terbimbing Oleh Tutor Sebaya Dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas X Sma Negeri 2 Watansoppeng.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Sidik, Zafar, and A. Sobandi. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2):50. doi: 10.17509/jpm.v3i2.11764.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Reski Handayani, K. ., Rukli, & Farid Raihan, M. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas Dengan Model Pembelajaran PJBL Pada KELAS X TKR Di SMKN 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 143–151. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.755