Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Persamaan Kuadrat Kelas X SMK Negeri 9 Pangkep

Penulis

  • Sunardi J Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Haerul Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rukli Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Safrullah Saleh 4SMK Negeri 9 Pangkep,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.718

Kata Kunci:

Pengembangan, Powerpoint, Persamaan kuadrat

Abstrak

Kurangnya variasi media pembelajaran matematika menyebabkan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran berkurang. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya adalah media yang berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran Matematika menggunkan PowerPoint interaktif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik analisis data dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif melalui angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 9 Pangkep sebanyak 20 orang. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan teknik Method of Summated Ratings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase dari dua validator ahli sebesar 87% dan dari angket respon peserta didik sebesar 76% berkategori praktis.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z dan Purbawanto, S. (2015). Pemahman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio vidio di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal. ISSN 2252-6811.

Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Intraktif Powerpoint Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika. Lampung : Bandar Lampung.

Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri (VIII). Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS,Jakarta.

Indriyanti, Novi Yulia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis PPT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Studi Kasus : Siswa Kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Semarang : Karanganyu.

Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari, KE, Yudhanegara,MR. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Rafika Aditama.

Monemi, R., Lufri dan Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point disertai Game Kuis COURSE MAZE pada Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Biosains. Vol 1(2).

Marfuah, S., Zulkarnain dan Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunkan Powerpoint disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika- UMRAH. Vol 1(1), 41- 48.

Mustika,D., Rasima dan Yanuar, HM. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika PPT Berbasis Macro dengan Pendekatan RME pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Nasional dan Pendidikan Matematika. 170-177.

Nursit, I. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint (Macro- Enabled) pada Mata Kuliah Geometri Euclid dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-MPM). Vol 4 (1).

Sakina, W., Imam, S., & Lip, R. (2016). Vidio Pembelajaran Matematika Berbasis Microsoft Powerpoint 2016 berbantuan Blender 3D. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. P-ISSN : 2579-941X.

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol 1(2) : 290-304.

Susanti dan Nurfitriyanti. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education(RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol 03(02), 115-122.

Thiagarajan, S. Sammel, D.S & Sammel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Indiana : Indiana University Bloomington.

Tohir, Muhammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Tahun 2015. http://matematohir.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018- turun-dibandingkan-tahun-2015/ [03 Desember 2019].

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

J, S., Haerul, Rukli, & Saleh, M. S. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Persamaan Kuadrat Kelas X SMK Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 284–293. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.718