UPAYA PENINGKATAN CARA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCUSSION GROUP PADA MATERI WE LOVE WHAT WE DO MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII

Penulis

  • Kasmawati Arlan Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Ummi Khaerati Syam Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Zakiyah SMP Negeri 3 Barru,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.446

Kata Kunci:

Peserta Didik, Model Discussion Group, Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk Menerapkaan model discussion group dalam proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan peran aktif, kreativitas serta hasil belajar peserta didik dalam kelas.Memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman peserta didik tentang materi yang diberikan melalui model discussion group. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Objek tindakan adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 29 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.Penelitian dimulai dengan melakukan observasi mengenai situasi sekolah, kondisi kelas dan peserta didik selama 1 kali pertemuan yaitu pada tanggal 14 Februari 2022. Penelitian dilakukan oleh dua orang dengan dua siklus dan menggunakan metode discussion group. Setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siklus 1 skor rata-rata peserta didik meningkat menjadi 77,6 setelah dikategorisasikan berada dalam kategori tinggi, dan mengalami peningkatan pada siklus ke 2 dengan skor rata-rata peserta didik yaitu 80,6 setelah dikategorikan berada dalam kategori tinggi. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII sebanyak 8,6.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyawening,Putri,Sukma.2013. Hubungan Penggunaan Media Film True Story dengan Kebermaknaan Belajar Mahasiswa pada MataKuliah Psikologi Umum. http://repository.upi.edu. Diakses pada Sabtu, 21 April 2018. Pukul 17.30 WITA.

Eko, Ras. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). (Online). (http://ras-eko.blogspot.com). Diakses 26 April 2018.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok . Bandung: Alfabeta.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). (Medan: Media Persada, 2011), hlm. 1.

Syamsururi, Sukri, Andi.. Dkk. 2017. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar:Unismuh Makassar

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Kasmawati Arlan, Ummi Khaerati Syam, & Zakiyah. (2022). UPAYA PENINGKATAN CARA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCUSSION GROUP PADA MATERI WE LOVE WHAT WE DO MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(1), 30–42. https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.446