UPAYA PENINGKATAN CARA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCUSSION GROUP PADA MATERI WHEN I WAS A CHILD MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 22 BARRU
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.443Kata Kunci:
Students, Model Discussion Groups, Teaching MaterialsAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis kalimat dalam Bahasa Inggris. Mengetahui seberapa besar penguasaan peserta didik terhadap materi ajar menggunakan Metode discussion group. Penelitian dimulai dengan melakukan observasi mengenai situasi sekolah, kondisi kelas dan peserta didik selama 1 kali pertemuan yaitu pada tanggal 14 Februari 2022. Penelitian dilakukan oleh dua orang dengan dua siklus dan menggunakan metode discussion group. Kegiatan mengajar untuk siklus pertama dilakukan pada tanggal 21 Februari 2022 dan diakhiri pada tanggal 12 Maret 2022. Sedangkan pada siklus kedua dimulai pada tanggal 14 Maret 2022 dan berakhir pada tanggal 25 Maret 2022.dari hasil pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Tour Games Tournament dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar bahasa Inggris menurut pengamatan peneliti, dimana siswa semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar, meskipun peneliti tidak sempat melakukan pertemuan untuk mengambil hasil tes belajar siswa UPTD SMPN 19 BARRU
Unduhan
Referensi
Aritonang, M., K, A. H., & Situmorang, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pengantar Bisnis. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 146. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15229
Halima, K. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pai Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. 2722, 1–79.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.