MODEL MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS I SMA NEGERI 9 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.865Kata Kunci:
pendidikan, Discovery Learning, seni budayaAbstrak
Pendidikan adalah pengalaman belajar yang memiliki program-program dalam pendidikan formal, nonformal ataupun informal di sekolah yang berlangsung seumur hidup yang bertujuan mengoptimalisasi pertimbangan kemampuan individu, agar dikemudian hari dapat memainkan peranan secara tepat. Sekolah adalah institusi sosial yang didirikan oleh masyarakat untuk melaksanakan tugas-tugas pendidikan kepada generasi muda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan oleh mahasiswa P2K jurusan Seni Rupa Unismuh Makassar dengan bantuan guru mitra mata pelajaran Seni Rupa yang sekaligus sebagai guru tutor di UPT SMA NEGERI 9 PANGKEP.Melalui pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, siswa membangun sendiri pengetahuannya, menemukan langkah-langkah dalam mencari sendiri penyelesaikan dari suatu materi yang harus dikuasai oleh siswa, baik secara individu atau kelompok. Dengan pembelajaran menggunakan model discovery learning, dapat meningkatkan pembelajaran Seni Budaya dan menjadikan kelas lebih menjadi menyenangkan.
Unduhan
Referensi
Aunarrahman. 2009. Model Pembelajaran PAIKEM. FKIP Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Budiningsih. 2005. Discovery Learning Sebagai Pemecahan Masalah Pendidikan Indonesia. Bandung: Bineka Cipta Utama.
Ementembun. 1986. Penemuan Sebagai Discovery Learning. Yogyakarta: Media Raya.
Mudjiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunendar, D. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: CV Angkasa.
Suyatna. 2009. Model Pembelajaran PAIKEM. FKIP Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learn-ing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Sci-ence and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.