Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.701Kata Kunci:
Pembelajaran Penemuan, Hasil Belajar PPKn, Motivasi, Sikap peserta didikAbstrak
Pembelajaran PPKn di UPT SMAN 9 Pangkep telah mengikuti kurikulum 2013 hasil belajar para peserta didiknya cukup memuaskan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji tentang penerapan model Discovery learning yang mendorong peserta didik untuk menyelidiki sendiri, menemukan dan membangun pengalaman dan pengetahuan masa lalu, menggunakan intuisi, imajinasi, dan kreativitas, dan mencari informasi baru untuk menemukan fakta, korelasi, dan kebenaran baru untuk hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep. Terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, obervasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan pada kelas X IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklus, dengan hasil 62,9% pada siklus I meningkat menjadi 92,6% pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan persentase kehadiran peserta didik, perhatian, minat, keaktifan, serta semangat belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Unduhan
Referensi
Arikunto, s. 2009. Penelitiaan Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan Kurikulum dan Sialabus Pendidikan Kewarganeraan. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Harun Rasyid dan Mansur, 2008. Penelain Hasil Belajar. Bandung : CV Wacana Prima.
Mukhtar, 2003. Prosedur Penilaian. Jakarta : Rineka Cipta.
Nuriestiati, Ni Pitu. 2009. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning (penemuan) dan Metode Domontrasi Terhadap Hasil Belajar TIK pada Siswa Kelas VIII di SMPN Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan) Jurusan Pendidikan Teknologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. 2007. Indikator Dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.