Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas X IPS 1 di UPT SMAN 9 Pangkep

Penulis

  • Muh. Haris Pendidikan Sosiologi,Indonesia
  • Nur Madhinatul Ilmi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nur Hikmah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.633

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Sosiologi, Keaktifan, Ketuntasan

Abstrak

Pembelajaran Sosiologi di kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep tidak efektif sebab model pembelajaran yang diterapkan oleh guru sosiologi masih pada model pembelajaran langsung atau direct learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar sosiologi peserta didik di kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep. Pada Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini terdiri dari dua siklus selama kurang lebih dua bulan. Siklus pertama sebanyak empat kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi Peserta didik kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan dari setiap siklus, dengan hasil 32% pada siklus I meningkat menjadi 92% pada siklus II. Selain itu, peningkatan hasil belajar juga ditandai dengan peningkatan keaktifan peserta didik yang meliputi persentase kehadiran, kegiatan menyimak, bertanya, mengemukakan pendapat, mempresentasikan laporan, memberikan respon balik, dan mengingat kembali materi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka penerapan model problem based learning efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 1 UPT SMAN 9 Pangkep.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abel, T. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Xi IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang, 3(1), 23–27.

Isjoni, (2011), Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Negeri, S. M. A., & Timur, B. K. (n.d.). Cooperative Learning In Multi-Cultural Education, 1, 108–118.

Siswa, F., Xi, K., & Man, I. P. A. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( Tps ) Disertai Metode Praktikum untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, 371–376.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ummul, J., Vol, Q., Tetap, D., Syari, E., Raden, S., Lamongan, Q., … Islam, U. (2013). Jurnal Ummul Qura Vol III, No. 2, Agustus 2013 40, III(2), 40–48.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Haris, M., Ilmi, N. M., Syarifuddin, & Hikmah, N. . (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas X IPS 1 di UPT SMAN 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 423–431. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.633