Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ibnu Rusydi SMA Negeri 4 Pangkep

Penulis

  • Nur Hikmah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Satri Yanti Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rezkiyanti Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muhammad Dahlan Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muh Ilham Rau SMA Negeri 4 Pangkep,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.708

Kata Kunci:

Hasil belajar, Matematika, Learning Cycle

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab masalah yang telah dikemukakan mengenai penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Ibnu Rusydi SMA Negeri 4 Pangkep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 63,06, aspek keterampilan 61,81 dan aspek sikap 63,28. Pada siklus ke II rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 84,78, aspek keterampilan 79,21 dan aspek sikap sebesar 73,43. Hal ini membuktikan adanya perubahan pada siswa dari aspek keterampilan, sikap dan pengetahuan dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini sesuai dengan kelebihan model pembelajaran Learning Cycle memperluas wawasan dan meningkatkan kreatifitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32

Azimi, Z. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Lingkaran Kelas VIII MtsS Darussyariah Banda Aceh.” UIN AR-RANIRY 1:70.

Hanafy, 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. UIN Alauddin Makassar

Made, W. (2009).strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyono, 2013. Penerapan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Menguasai Elektronika Diigital. Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Hikmah, N., Yanti, S. ., Rezkiyanti, Dahlan, M. ., & Rau, M. I. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ibnu Rusydi SMA Negeri 4 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 239–245. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.708