Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.785Kata Kunci:
Hasil belajar , Model Pembelajaran Learning cycle , Pemebelajaran MatematikaAbstrak
Pentingnya belajar matematika tidak terlepas dari kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa akan mampu menerapkan matematika dalam konteks yang berguna bagi siswa, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam dunia kerja kelak. Penguasaan materi matematika menjadi suatu keharusan bagi siswa mangingat urgensi dan keterlibatan matematika pada ilmu pengetahuan dan menjadi dasar dari ilmu lainnya. . Namun kenyatannya, mayoritas siswa di kelas menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit dan membosankan. Hal ini sesuai dengan hasil pengamatan di kelas yang menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kurang berminat pada matematika, hal ini dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang matematika yang sulit serta adanya kecenderungan bahwa yang ditampilkan oleh guru kepada siswa adalah deretan rumus-rumus abstrak dan membosankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan sampel penelitian kelas X Las 2 SMKS Muhammadiyah Bungoro. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama 2 siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih baik efektif . Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan disiklus I sebesar 58,54, aspek keterampilan 47,5 dan aspek sikap 59,58. Pada siklus ke II rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 76,48, aspek keterampilan 71,25 dan aspek sikap sebesar 63,5.
Unduhan
Referensi
Annisa, D. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Repsesentasi Matematis. Journal on Education, 4(3), 960-967. Asrini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(3), 338-344.
Dewi, R., K., & Khuzaini, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Batar Materi Bangun Datar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(1), 133-142.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2)1), 25-36.
Naibaho, D., P., & Fitriyah, L. (2019). Media Monopoli Tematik Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Organ Gerak. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidkan Dasar Nasional, 1(1), 86-92.
Puluhulawa, I., Hulukati, E., & Kaku, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 32-40.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67-84.
Ulfah M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika dalam National Council of Teacher Of Matematics (NCTM) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(2), 127-143.
Uno, H. B. 92022). Landasarn Pendidikan. Bumi Aksara
Wandini, R., R., & Sinaga, M., R. (2019). Permainan Ular Tangga dan Kartu Pintar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Matematika. 8(1), 41-49.
Wulandari, A., N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Banguj Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Guru. 1(2), 10-17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.