Impelementasi Merdeka Belajar Pada Buku Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro

Penulis

  • Fitrah Amalia Nurullah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rismayani Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Afdhalia Ramadani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Akram Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ina Sakinah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.797

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Buku Pelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar pada buku pelajaran Bahasa Inggris kelas X yang terdapat di SMKS Muhammadiyah Bungoro sebagai acuan referensi guru ketika mencari sumber bahan ajar yang akan digunakan untuk kegiatan proses pembelajaran. Buku Pelajaran adalah salah satu perangkat belajar yang penting digunakan dalam proses belajar untuk mencapai target pada pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar khususnya di tingkat SMK yang diketahui sulit menerima pelajaran Bahasa Inggris dikarenakan metode pembelajaran yang monoton dan tidak komunikatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro tepatnya meneliti di tiga kelas yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memggunakan observasi partisipasi dan analisis buku pelajaran kelas X Bahasa Inggris yang digunakan pada Kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan penelitian ini di dapatkan hasil bahwa pengimplementasian buku pelajaran Bahasa Inggris di Kurikulum Merdeka Belajar sudah berjalan baik. Hasil penelitian ini didukung dengan guru saat melaksanaka kegiatan pembelajaran memberikan siswa kesempatan untuk meneksplor lebih jauh terhadap materi yang diajarkan dimana sudah sesuai dengan target pencapaian Kurikulum Merdeka Belajar untuk memberikan kesempatan untuk mengetahui lebih apa yang ada dipelajari meskipun beberapa siswa masih membutuhkan dampingan oleh guru mata pelajaran. Lebih lanjut terkait evaluasi buku pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas X sudah memenuhi kriteria kurikulum yang memuat banyak aktivitas yang meningkatkan kemampuan Bahasa asing untuk menunjang kehidupan siswa kelak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, D. N. (2020, Desember). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA ISLAMI BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 235-240.

Endah Yulia Rahayu, N. N. (2022, April). Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Halitopo, M. (2020, Maret). IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS UNTUK SMK. Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, 54-60.

Meliana Nurfitriani, M. F. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tematik Terpadu Bagi Siswa Sekolah Dasar. Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6, 1110-1117.

Pujiningsih, N. A. (2019). Pengolaan Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas X SMK Negeri 1 Surakarta. 6-12.

Ratnadewi, D. (2009). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK INTEGRATIF: SEBUAH ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK. Jurnal Online Univeristas Muhammadiya Surabaya, 1-17.

Ratnaningsih, P. W. (2017, Juli). Menilik Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Kurikulum 2013. Meretas Batas, 103-110.

Zaim, M. (2018). ASESMEN OTENTIK: IMPLEMENTASI DAN PERMASALAHANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH. Proceeding of the International Seminar on Language and Arts, 40-44.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Nurullah, F. A., Rismayani, Ramadani, A., Akram, & Sakinah, I. . (2023). Impelementasi Merdeka Belajar Pada Buku Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 305–309. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.797