Upaya Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa dengan menggunakan Grammar Translation Method pada Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkep

Penulis

  • Ahmat Supatman Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Andi Alhafsa Tenriampa Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.800

Kata Kunci:

Increasing Vocabulary, English, Grammar Translation Method

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa dalam menerapkan model pembelajaran Grammar Translation Method. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah dengan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Grammar Translation Method (GTM). Hal ini dilakukan oleh peneliti, karena adanya kurangnya kosa kata pada peserta didik terhadap model dan metode pembelajaran yang berlangung setiap harinya yang bersifat monoton. Sehingga dengan diterapkannya model pembelajaran yang baru dan lebih bervariasi, maka peserta didik dapat belajar dengan tenang dan senang. Selain itu, dengan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk belajar menemukan pengetahuan sendiri ini, dapat membantu peserta didik untuk mengingat dalam jangka panjang materi yang disampaikan.Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Pangkep tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang,yang terdiri dari 21 perempuan dan 7 laki-laki.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap faktor yang diteliti. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan sebelum menggunakan metode Grammar Translation Method (GTM). Hal ini dibuktikan pada analisis Ulangan Harian peserta didik yakni pada siklus I dengan skor rata-rata 65,85. Dengan menerapkan model pembelajaran Grammar Translation Method (GTM) pada pelajaran Bahasa Inggris yang biasanya dianggap sulit dan membosankan bagi sebagian peserta didik menjadi lebih menyenangkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DeCapua, Andrea. 2008. Grammar for Teachers: A Guide to American English for Native and Non-Native Teachers. United States of America: Springer.

Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone. Victoria: ACER Press.Fauziati.

Endang. 2008. Teaching of English as a Foreign Language (TEFL). Surakarta: Muhammadiyah University PressLeech,

Erlangga. Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Goeffry. 1982. English Grammar for Today. London: The Macmillan

Karwono dan Heni Mularsih. 2017. Belajar dan Pembbelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Press.Patel, M. F dan Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching (Methods, Tools, & Techniques). Jaipur: Sunrise Pubisher & Distributors

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Tampubolon, S.(2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Widoyoko, Eko Putro. 2016. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi.Yogyakarta : Pustaka Pelaja

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Supatman, A. ., & Tenriampa, A. A. . (2023). Upaya Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa dengan menggunakan Grammar Translation Method pada Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.800