Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Mipa 1 Upt SMA Negeri 9 Pangkep

Penulis

  • Dian Indrayani Imran Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Fajri Jufri Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Herlina Daddi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ratnawati UPT SMA Negeri 9 Pangkep,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.761

Kata Kunci:

discovery learning, keaktifan siswa, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Kurangnya keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia mengakibatkan tidak kurang efektifnya pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa cenderung bersifat pasif, jarang bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga siswa tidak dapat menerima pelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X MIPA 1 UPT SMA Negeri 9 Pangkep melalui model pembelajaran bahasa Indonesia discovery learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilakukan dengan dua siklus dan jumlah jumlah siswa sebanyak 27 orang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aslam, D dan Auliandari, L. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Berbantu Data Penelitian Iklim Mikro Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Habitus Vegetasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol.2(1), ISSN: 2527- 7553

Astuti, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Biologi. Vol.2 (1), ISSN: 2598-9669

Cahyani, Tri, Marina Rizki, Dwi Astuti, Sri & Mariadi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas X MIA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 (1)

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Dina, Arifatud, Mawarsih, Dian Venissa & Suprapto, Rohmat. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Matematis Materi Geometri SMK. Jurnal JKPM. Vol. 2 (1).

Metode Pembelajaran. https://www.studocu.com/id/document/universitas-negeri-makassar/english-education/bab-1-model-think-pair-share-dalam-pembelajaran-bahasa-inggris-kelas-viii/41559986. Diakses pada 29 Januari 2023.

Model Pembelajaran Discovery Learning. 2020. Https://Gurudikdas.Kemdikbud.Go.Id/News/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning. Diakses Pada 29 Januari 2023.

Putri, H. R. Dkk. 2017. PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN BONDOWOSO. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.6 (2). 169.

Salmi. 2019. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS.2 SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Jurnal Profit. Vol.6 (1). 4-5.

Ustanti, D. 2020. Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ppkn. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Vol.3 (4). 324.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Imran, D. I., Jufri, F., Daddi, H., & Ratnawati. (2023). Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Mipa 1 Upt SMA Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 246–252. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.761