PENERAPAN APLIKASI QUIZIZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI MATERI BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 12 MIPA 2 SMA NEGERI 4 MAROS
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1205Kata Kunci:
Quizizz, Penelitian Tindakan Research, Media EvaluasiAbstrak
Quizizz merupakan platform pembelajaran online berbasis game yang dapat secara efektif membedakan pengajaran mulai dari mengidentifikasi informasi tentang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan aplikasi Quizizz dapat membantu guru dalam mempermudah evaluasi materi bahasa Inggris siswa kelas XII MIPA 2 Sma Negeri 4 Maros. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan aplikasi kuis sebagai media evaluasi. Penggunaan Quizizz dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengerjakan soal dari evaluasi materi yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian siswa dapat meningkatkan hasil evaluasi dari siklus I ke siklus II dengan hasil yang memuaskan. Penelitian Tindakan Kelas untuk mengevaluasi materi siswa menggunakan Quizizz di kelas Diharapkan guru mempertimbangkan penggunaan Quizizz untuk membantu mengevaluasi siswa
Unduhan
Referensi
Amri, F. (2021). Persepsi Siswa tentang Aplikasi Teknologi yang Digunakan dalam Pembelajaran Online. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 250–258. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1216
Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177
Ilham, R., Mufarizuddin, M., & Joni, J. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 139. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1480
Saputra, B. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran di Prodi Matematika Universitas Wanita Internasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 382–386. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1501
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu.Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
AzharArsyad. (2011). Media pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.
Aziz, U. A. (2021).Mengenal Fitur Unggul di Quizizz. Kemendikbudristek.https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/aksi/mengenal-fitur-unggul-diquizizz/ 501 Journal on Education, Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, hal. 490-502
Azizah, B. (2020). Pengaruh Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas Xii Man 1 Gresik.Journal of Chemical Information and Modeling, November.
Citra, C. A., Rosy, B., & Program.(2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Peserta didik Kelas X SMK Ketintang.Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081
Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Peserta didik Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar …. 9, 321–334.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika.JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6.https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870 Hasil, T., Subtema, B., Tunggal, B., & Campuran, D. A. N. (2019).Diterima Karena T. 3(1), 46–53.
Nasir, N., Nurindah, N., Rauf, A., Ayu, S., & Hambali, U. (2022). Desain Media Pembelajaran Prakarya Berbasis Smart Apps Creator. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(3), 226-232.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.