PENGGUNAAN METODE GUIDED CONVERSATION UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA UPT SMAN 4 MAROS DI KEC. BANTIMURUNG

Penulis

  • Anni Mujahida Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Risky Ratri Suhana Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Uyunnasirah Hambali Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1223

Kata Kunci:

Kosa kata, Guided Conversation, Meningkatkan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan yang terjadi pada keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa dengan penggunaan metode guided conversation di kelas XI MIPA 6 UPT SMAN 4 Maros. Dengan mengetahui bagaimana peningkatan tersebut terjadi, diharapkan kepada calon tenaga kependidikan dapat menerapkan beberapa metode pengajaran yang menarik guna meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang memiliki 2 siklus sebelum peneliti melakukan observasi. Pada tahap siklus 1, persentase keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA 6 adalah 47%% dari 34 siswa dengan rata-rata nilai 74. Lalu pada siklus II peneliti menambahkan detail penjelasan dan contoh pada materi yang diajarkan, di siklus kedua ini peningkatan terjadi sebanyak 17% yaitu menjadi 64%. Dengan demikian penggunaan metode guided conversation di kelas ini memang berhasil meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan metode-metode yang diterapkan selama hal itu menyenangkan dan mudah dipahami oleh para siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ALQAHTANI, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, III(3). https://doi.org/10.20472/te.2015.3.3.002

Antara, I. M. A. R., & Anggreni, N. P. Y. (2021). TEACHERS’STRATEGIES IN TEACHING SPEAKING IN ONLINE CLASSROOM TO TOURISM VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 5(1), 1-8.

Bai, Z. (2018). An analysis of english vocabulary learning strategies. Journal of Language Teaching and Research, 9(4). https://doi.org/10.17507/jltr.0904.24

Ehren, B. J., Murza, K. A., & Malani, M. D. (2012). Disciplinary literacy from a speech–language pathologist's perspective. Topics in Language Disorders, 32(1), 85-98.

Gao, R. (2021). The vocabulary teaching mode based on the theory of constructivism. Theory and Practice in Language Studies, 11(4). https://doi.org/10.17507/tpls.1104.14

Karami, A., & Bowles, F. A. (2019). Which strategy promotes retention? Intentional vocabulary learning, incidental vocabulary learning, or a mixture of both? Australian Journal of Teacher Education, 44(9). https://doi.org/10.14221/ajte.2019v44.n9.2

Khair, U. (2018). Vocabulary Mastery At the Second Semester of.

Kusumaningrat, C. I. M. (2021). Guide Conversation Method In English Speaking Learning For Business Administration Class. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i1.1266

Light, J., & McNaughton, D. (2014). Communicative competence for individuals who require augmentative and alternative communication: A new definition for a new era of communication? In AAC: Augmentative and Alternative Communication (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.3109/07434618.2014.885080

Pratama, H., Azman, M. N. A., Kassymova, G. K., & Duisenbayeva, S. S. (2020). The Trend in using online meeting applications for learning during the period of pandemic COVID-19: A literature review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58-68.

Strasser, K., & Del Río, F. (2014). The role of comprehension monitoring, theory of mind, and vocabulary depth in predicting story comprehension and recall of kindergarten children. Reading Research Quarterly, 49(2). https://doi.org/10.1002/rrq.68

Susanto, A. (2017). THE TEACHING OF VOCABULARY: A PERSPECTIVE. Jurnal KATA, 1(2). https://doi.org/10.22216/jk.v1i2.2136

Tambun, R. A. (2014). the Influence of Using Crossword Puzzle Towards the Students ’ Vocabulary Mastery. The Second International Conference on Education and Language (2nd ICEL), 11, 416–421. http://artikel.ubl.ac.id/index.php/icel/article/download/317/319

Witkowski, D., & Baker, B. (2012). Addressing the Content Vocabulary With Core: Theory and Practice for Nonliterate or Emerging Literate Students. Perspectives on Augmentative and Alternative Communication, 21(3). https://doi.org/10.1044/aac21.3.74

Zebua, E. P. (2019). Pembelajaran Percakapan Bahasa Inggris Dengan Metode Guide Conversation di SMA NEGERI GUNUNG SITOLI. Jurnal Warta Edisi :60, April.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Mujahida, A., Suhana, R. R., & Hambali, U. . (2024). PENGGUNAAN METODE GUIDED CONVERSATION UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA UPT SMAN 4 MAROS DI KEC. BANTIMURUNG. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 73–87. https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1223