Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media E-Book SD 1 Muhammadiyah Turikale
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1244Kata Kunci:
E-book media, kemampuan membacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunaan media E-Book di SD 1 Muhammadiyah Turikale. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tes siklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulaitanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 73,3%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Kontribusi penerapan media pembelajaran Wordwall terhadap peningkatan minat belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan media E-book dalam pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa SD 1 Muhammadiyah Turikale.
Unduhan
Referensi
Aini, A. S. 2021. Analisis Kemampuan Baca Tulis Melalui Media Pembelajaran Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol 13 No 12, 197- 203
Arsyad, A. 2020. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Fitriyah, R. K. 2019. Keterampilan Membaca. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan. Firda, R. Dkk. 2020. Pemanfaatan Pengembangan Digital Book dalam Pembelajaran
Membaca Pemahaman Materi Teks Nonfiksi kelas IV. Vol 31 , No 1, Halaman 80-91.
Harianto, E. 2020. Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika, Vol. 9, No. 1, 1-8.
Hasan, M. d. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Laila, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Vol. II No. 2, 174-187
Makdis, N. 2020. Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-maktabah. Vol 19 Hal 77-86. Marwati, M. B. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan
Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (online). Vol 3 No 1.
Mentari, d. d. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Electroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA journal of science education. 2(2)
Mulyati. 2019. Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerita Rakyat Bangka Belitung.
Jurnal Ilmiah Bina Bahasa. Vol 12 No 2
Rohana, S. 2022. Pengaruh Penggunaan Media E-book dengan Text Book Terhadap Hasil Belajar pada Materi Biosfer Kelas XI di SMA Negeri 1 Muncar. Vol.8, Hal 140-152.
Ruddamayanti. 2019. Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (hal. 1193-1202). Sumatera Selatan.
Sadiman, Arif. dkk. 2020. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Wahyuni Lilik. 2019. Motif Cerita Rakyat Sebagai Sarana Penjaga Integritas Sosial Masyarakat. Brawijaya: Universitas
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.