PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOK SD 1 MUHAMMADIYAH TURIKALE

Penulis

  • Abdul Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nurfadillah. Y.A. Dewa Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Nabil Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1273

Kata Kunci:

Media E-book, Kemampuan Membaca

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunaan media E-Book di SD 1 Muhammadiyah Turikale. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini  adalah III Ayang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 laki-laki. Pelaksanaan penelitian inidilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tessiklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulaitanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa  siklus I  mencapai rata-rata 73,3%. Kemudian pada siklus II  meningkat menjadi 88,5%. Kontribusi penerapan media pembelajaran Wordwall terhadap peningkatan minat belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan media E-book dalam pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa SD 1 Muhammadiyah Turikale.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, A. S. 2021. Analisis Kemampuan Baca Tulis Melalui Media Pembelajaran Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol 13 No 12, 197- 203

Arsyad, A. 2020. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Fitriyah, R. K. 2019. Keterampilan Membaca. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan. Firda, R. Dkk. 2020. Pemanfaatan Pengembangan Digital Book dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Materi Teks Nonfiksi kelas IV. Vol 31 , No 1, Halaman 80-91.

Harianto, E. 2020. Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika, Vol. 9, No. 1, 1-8.

Hasan, M. d. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Laila, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca

Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Vol. II No. 2, 174-187

Makdis, N. 2020. Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-maktabah. Vol 19 Hal 77-86. Marwati, M. B. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (online). Vol 3 No 1.

Mentari, d. d. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Electroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA journal of science education. 2(2)

Mulyati. 2019. Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerita Rakyat Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa. Vol 12 No 2

Rohana, S. 2022. Pengaruh Penggunaan Media E-book dengan Text Book Terhadap Hasil

Belajar pada Materi Biosfer Kelas XI di SMA Negeri 1 Muncar. Vol.8, Hal 140-152.

Ruddamayanti. 2019. Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (hal. 1193-1202). Sumatera Selatan.

Sadiman, Arif. dkk. 2020. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wahyuni Lilik. 2019. Motif Cerita Rakyat Sebagai Sarana Penjaga Integritas Sosial Masyarakat. Brawijaya: Universitas Brawijaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Rajab, A., Magfirah, Y.A. Dewa, N., & Nabil , M. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOK SD 1 MUHAMMADIYAH TURIKALE. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 119–132. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1273

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama