PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XII DI SMA NEGERI 3 PANGKEP

Penulis

  • Maulidiyah Azizah Rahmah unismuh makassar,indonesia
  • Muhammad Dede Fausan Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Nasir Nasir Teknologi Pendidikan ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Hawaida Hawaida SMAN 3 Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.600

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Animaker, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Aminaker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XII di SMA Negeri 3 Pengkep. Dasar penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar masih sangat minim sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sifatnya ceramah sehingga memengaruhi nilai siswa yang sebagian besar masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penggunaan metode pada penelitian dengan metode pre eksperimen dengan jenis desain berupa one group pretest-posttest design. Pada populasi penelitian tediri 5 kelas berjumlah 196 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana) maka sampel yang diambil adalah kelas XII IPS 1 dengan jumlah 20 siswa. Jenis instrumen berupa wawancara dan tes. Analisis data dengan teknik analisis yaitu statistic memakai SPSS 24.00 dalam tes validitas, tes rabilitas,tes normalitas, penggunaan rumus uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, dan uji t. Berdasarkan tes media animaker terdapat pengaruh yang signifikan dengan f tabel > f hitung yaitu 0,013 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukan penerapan serta penggunaan atau implikasi media pembelajaran animaker memberikan peningkatan dalam hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media Animaker cukup berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa inggris untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pangkep.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas IV SD UMP. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1-11.

Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.

Martina. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaraan Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tilung Selapan Kabupaten Oki. Jurnal PAI Raden Patah. 1(2). 164-180.

Marpaung, S. (2017). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Multidiplin Ilmu.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Munawar, B. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Pedagogik, 4(2), 163-177.

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110-115.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Azizah Rahmah, . M. ., Dede Fausan, M. ., Nasir, N., & Hawaida, H. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XII DI SMA NEGERI 3 PANGKEP . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 88–95. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.600