PENGGUNAAN METODE TALKING STICK : CARA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Penulis

  • Ahmad Yaftah Mubarak Pendidikan Bahasa Inggris ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Mahfud Ilham Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Andi Dinasti Indra Pratama SMKN 2 Pangkep,Indonesia
  • Ilmiah Ilmiah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.616

Kata Kunci:

Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas, Tongkat Bicara

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas secara keseluruhan adalah untuk membantu siswa X TPL 3 SMKN 2 Pangkep Semester Ganjil 2022-2023 mengembangkan kemampuan berbicara untuk topik “Berbicara Tentang Diri Sendiri”. Secara khusus, tujuannya adalah untuk: (1) menjelaskan proses pembelajaran dan (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick pada siswa X TPL 3 SMKN 2 Pangkep. Proses penelitian dibagi menjadi dua siklus yang masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus 1 dan Siklus 2 masing-masing memiliki dua kali pertemuan. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar kegiatan siswa, data pengelolaan pembelajaran instruktur dikumpulkan menggunakan lembar pengelolaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan ujian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Aktivitas siswa pada kelas X TPL 3 tahun pelajaran 2022/2023, membicarakan materi diri pada penelitian tindakan siklus 1 dan siklus 2 termasuk dalam kategori BAIK.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akib Erwin, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.

Ferli Ummul, Muflihah. 2013. Manajemen Saran Prasarana Dalam Meningkatkan proses Pembelajaran Di MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UINSUKA Yogyakarta.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Wulandari, D., Narmaditya, B. S., Utomo, S.H., & Prayitno, P.H. (2019). Teachers’ Perception on Classroom Action Research. KnE Social Sciens, 3(11), 313-320

Suryani, L. (2015). “The effectiveness of role play in teaching speaking.” ELTIN Journal, Volume 3/II, October 2015, 3(October), 106–109.

Demir, S. (2017). An Evaluation of Oral Language: The Relationship between Listening, Speaking and Self-efficacy. Universal Journal of Educational Research, 5(9), 1457–1467. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050903

McDonough, J., & Shaw, C. (1993). Materials and methods in ELT : a teacher’s guide. 318.

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Project work: A means to promote language and content. Methodology in Language Teaching : An Anthology of Current Practice, 422. https://books.google.gr/books?id=VxnGXusQlI8C&pg=PA110&lpg=PA110&dq=project+work+has+both+a+process+and+a+product+orientation&source=bl&ots=qgxtte8vfN&sig=KpWgHo-rNaxbWzcUVBmC5_kV4LU&hl=el&sa=X&ved=0ahUKEwjix7L-gubUAhVFQBoKHYe-BqIQ6AEIRjAE#v=onepage&q=pro

Laura Candler, 2017, Teaching Resources: Talking Stick Discussions, Retrieved from http://www.LauraCandler.com, accessed on 12th November 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

Yaftah Mubarak, A. ., Ilham, M. ., Dinasti Indra Pratama, A. ., & Ilmiah, I. (2023). PENGGUNAAN METODE TALKING STICK : CARA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.616