Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) Melalu Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN 8 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.631Kata Kunci:
Discovery Learning, Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil ObservasiAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dan mendeskripsikan implementasi discovery learning dalam meningkatkan menulis teks Laporan Hasil Observasi siswa kelas X MIPA 1 SMAN 8 Pangkep. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 8 Pangkep yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan model analisis kuantitatif. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi siswa sebesar 68,6. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,6. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X MIPA 1 SMAN 8 Pangkep.
Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi
Unduhan
Referensi
Akib, E. 2021. Buku Panduan Program pemantapan profesi keguruan (P2K) Makassar: FKIP. Unismuh Makassar.
Cintia, N. I. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 70.
Fakhrah, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Surat Lamaran Pekerjaan Di Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu Tahun Pelajaran 2021/2022. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 12(2), 1-18.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 74.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogjakarta: BPFE.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish. hlm 12.
Pratiwi, Yuliana dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Quantum Writing. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/25942/75676576942 (diakses Januari 2022)
Prihantoro, A. & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), hlm 50.
Rahmat, H. K., dkk. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 110.
Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulistyowati, R. dkk. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Keahlian Bisnis Manajemen Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), hlm 7.
Susmati, Eri. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 7(3). 210-215
Sutrisno, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Mipa 5 Sma N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 59-62.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.