Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.822Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa, Surat Lamaran PekerjaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pangkep. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Pangkep pada kelas XII Tahun ajaran 2021/2022. Kelas yang dipilih ialah kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning yang diterapkan di kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pangkep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis surat lamaran pekerjaan. Hal itu dilihat dari aspek keberhasilan yang meliputi proses pembelajaran sebelum diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning di kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pangkep. Adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menulis surat lamaran pekerjaan siswa dari setiap siklus, dengan hasil 62,9 % pada siklus I meningkat menjadi 92,6% pada siklus II.
Unduhan
Referensi
Akib, E. 2021. Buku Panduan Program pemantapan profesi keguruan (P2K) Makassar: FKIP. Unismuh Makassar.
Cintia, N. I. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 70.
Fakhrah, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Surat Lamaran Pekerjaan. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 12(2), 1-18.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 74.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish. hlm 12.
Prihantoro, A. & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), hlm 50.
Rahmat, H. K., dkk. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 110.
Sulistyowati, R. dkk. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Keahlian Bisnis Manajemen Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), hlm 7.
Sutrisno, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 59-62.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.