Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel Pada Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua, Kab. Pangkep, Kec. Pangkaje’ne
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.710Kata Kunci:
Fisik Motorik, Menggunting, MenempelAbstrak
Kemampuan siswa kelas B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua dalam kemampuan motorik halus terutama dalam menggunting dan menempel masih kurang dikarenakan masih kaku dalam menggunakan alat gunting dan juga dalam memegang lem. Padahal pada perkembangan seorang manusia, perkembangan fisik motorik memegang peran yang sama pentingnya dengan perkembangan kognitif, perilaku sosial dan kepribadian. Kegiatan menggunting dan menempel bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Adapun manfaat mengembangkan kemampuan motorik halus anak adalah melatih kordinasi tangan, mata dan konsentrasi, meningkatkan kepercayaan diri, lancar menulis, ungkapan ekspresi dan mengasah kognitif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, penelitian di laksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah yang di gunakan dalam penilitian ini adalah : setiap siklus terdiri dari penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas B3 TK Aisyiyah Bustanul athfal II Tumampua dengan jumlah siswa 16 orang, 6 laki-laki dan 10 perempuan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa melalui menggunting dan menempel siswa mampu dalam meningkatkan kemampuan motorik halus dikelompok B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua
Unduhan
Referensi
Dr.Yuliani Nurani Sujiona,M.Pd Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
Drs.Johni Diiati,M.M. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi Pada Pedidikan Anak Usia Dini
Anggani, Sudono. 1995. Sumber Belajardan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini).Depdikbud.
Anggani, Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini).Jakarta:Grasindo
Aqip, Zainal, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsini. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajarandi TK. Jakarta: Depdiknas.
Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi
Hurlock, Elizabeth. 1990. Perkembangan Anak Jilid 1. Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.