Menggunting Dan Menempel Sebagai Sarana Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Di Kelas B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua Kabupaten Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.888Kata Kunci:
Fisik Motorik, Menempel, MengguntingAbstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan data observasi yang telah dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua Kab. Pangkep yang menunjukkan bahwa aspek perkembangan motorik halus pada sebagian besar Anak di kelas B1 belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui bagaimana cara meningkatkan aspek fisik motorik halus pada anak dikelas tersebut, (2) Mengetahui apakah dengan menggunakan tekhnik menggunting dan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.Penelitian ini dilakukan pada kelas B1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua Kab. Pangkep dengan jumlah anak didik sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini khusus mengukur ranah aspek perkembangan fisik motorik anak dalam hal ini motorik halusnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemajuan yang berbeda disetiap siklusnya. Ternyata, dengan menggunakan tekhnik menggunting dan menempel dapat meningkatkan motorik halus pada anak dan membuat anak lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Untuk itu, maka direkomendasikan kepada para guru dan orang tua yang ingin meningkatkan motorik halus pada anak untuk menggunakan tehnik ini.
Unduhan
Referensi
Gramedia. (2022). Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia: Pengertian, Ciri, Perbedaan dan Faktor. Diakses pada minggu 30 oktober 2022, dari https://www-gramedia-com
Hasanah, Uswatun. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Pendidikan anak, 5 (1), 719-721.
Kompasiana. (2021). Kegiatan Menempel pada Anak Usia Dini. Diakes pada senin 31 oktober 2022, dari www.kompasiana.com
Latif, Mukhtar.,Zukhairina.,Rita Zubaidah., dkk. (2013). orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: KENCANA
Prenadamedia (2022). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Diakses pada minggu 30 oktober 2022, dari https://prenadamedia.com
Oktavia, D.H. (2020). efektivitas metode bermain (menggunting dan menempel) terhadap perkembangan motorik Anak kelompok B di RAIT AT-TAQWA Nguter Sukoharjo. fakultas ilmu tarbiyah, institute agama islam negeri Surakarta. Diakses dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id
Soetjiningsih, Christiana Hari. (2012). seri psikologi perkembangan PERKEMBANGAN ANAK sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Depok: PRENADAMEDIA GROUP
Wikipedia. (2012). Pendidikan anak usia dini. Diakses pada selasa 25 oktober 2022, dari https://id.m.wikipedia.org
Wikipedia. (2018). Pendidikan di Indonesia. Diakses pada selasa 25 oktober 2022, dari https://id.m.wikipedia.org
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.