Kurangnya Minat Siswa Terhadap Penerapan Smart School Di SMAN 13 Pangkep

Minat Smart School

Penulis

  • Nursandi syam Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muhhammad Aras Alfarizi Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Kaharuddin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.770

Kata Kunci:

Teknologi, Smart school, Implementasi

Abstrak

Pemerintah Indonesia memiliki beragam program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya program smart school, smart school adalah system yang diciptakan seluruh aspek yang ada di sekolah, mulai dari proses pembelajaran hingga sarana dan prasana dengan tujuan mempermudah proses belajar mengajar agar menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan minat siswa dalam program smart school di SMAN 13 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan pendekatan ini peneliti menggali informasi secara ilmiah tentang pelaksanaan kebijakan pemerintah di Kabupaten Pangkep. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan peneliti adalah tipe studi kasus. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan para responden kunci yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik dalam menggali data adalah melalui pengamatan, wawancara. Hasil penelitian dari tiga indicator yang meliputi Modernisasi informasi, tontonan yang mengandung informasi positif di area lingkup sekolah dan wadah kreatifititas siswa di bidang desain dan tulis menulis dalam program smart school menunjukkan bahwa program ini belum terlaksana secara maksimal pada sekolah yang melaksanakan program smart school.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9.

Bambang Sumintono, Setiawan Agung Wibowo, N. M. dan D. H. T. (2012). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN: SURVEI PADA GURU-GURU SAINS SMP DI INDONESIA Bambang Sumintono, Setiawan Agung Wibowo, Nora Mislan dan Dayang Hjh Tiawa. Jurnal Pengajaran MIPA, 17, 122–131.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Century learning in curriculum 2013. (2013). 14–23.

Informatika, J. M., & Misi, S. I. (2022). Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi ( MISI ) jurnal Manajemen Informatika nformatika & Sistem Informasi ( MISI ) ISSN : 2614-1701 ( Cetak ) – 2614-3739 ( Online ) ii. 5, 29. https://doi.org/10.36595/misi.v5i1

Mulyanto, T. S., & Syahman, L. (2009). Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris Di Sma Dengan Menggunakan Pendekatan Inquiry Melalui Kegiatan “Independent Movie Festival: Anti Bullying Campaign.” Jurnal Penelitian, 9(1), 1–2.

Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 62–79. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Rahmawati, D. (2012). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 107–118. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Sosiologi, J. A., & Maret, U. S. (2014). Artikel TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT Hendro Setyo Wahyudi, Mita Puspita Sukmasari 1.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Cara Mengutip

syam , N. ., Aras Alfarizi, M., & Kaharuddin. (2024). Kurangnya Minat Siswa Terhadap Penerapan Smart School Di SMAN 13 Pangkep : Minat Smart School. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(4), 617–630. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.770