Pengaruh Penerapan SMART SCHOOL Di SMA Negeri 4 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.738Kata Kunci:
Pengaruh, Teknologi, Smart School, Dampak Positif Dan NegatifAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan minat siswa dalam program smart school di SMA Negeri 4 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan pendekatan ini peneliti menggali informasi secara ilmiah tentang pelaksanaan kebijakan pemerintah di Kabupaten Pangkep. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan peneliti adalah tipe studi kasus. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan para responden kunci yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik dalam menggali data adalah melalui pengamatan, wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas XII siswa SMA Negeri 4 Pangkep menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan program Smart School ini memiliki dampak positif dan negatif bagi guru dan siswa. Adapun dampak positif di terapkannya program ini yaitu: (1) Memudahkan Guru Dalam memberikan pelajaran ke Peserta didik (2) Mudah dan Praktis Bagi Peserta Didik (3) Update Informasi dan Teknologi (4) Update Pelajaran. Sedangkan dampak negatif diterapkannya program ini yaitu mulai dari (1) terkendala Jaringan (2) Siswa kurang memperhatikan pelajaran (3) guru yang kurang kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran serta (4) kurangnya sarana dan prasaran di sekolah. Program Smart School menunjukkan bahwa program ini sudah terlaksana namun belum maksimal pada sekolah yang melaksanakan program smart school.
Unduhan
Referensi
Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnANALISIS
Bambang Sumintono, Setiawan Agung Wibowo, N. M. dan D. H. T. (2012). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN: SURVEI PADA GURU-GURU SAINS SMP DI INDONESIA Bambang Sumintono, Setiawan Agung Wibowo, Nora Mislan dan Dayang Hjh Tiawa. Jurnal Pengajaran MIPA, 17, 122–131.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Century learning in curriculum 2013. (2013). 14–23.
Informatika, J. M., & Misi, S. I. (2022). Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi ( MISI ) jurnal Manajemen Informatika nformatika & Sistem Informasi ( MISI ) ISSN : 2614-1701 ( Cetak ) – 2614-3739 ( Online ) ii. 5, 29. https://doi.org/10.36595/misi.v5i1
Mulyanto, T. S., & Syahman, L. (2009). Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris Di Sma Dengan Menggunakan Pendekatan Inquiry Melalui Kegiatan “Independent Movie Festival: Anti Bullying Campaign.” Jurnal Penelitian, 9(1), 1–2.
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 62–79. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929
Rahmawati, D. (2012). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 107–118. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606
Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Sosiologi, J. A., & Maret, U. S. (2014). Artikel TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT Hendro Setyo Wahyudi, Mita Puspita Sukmasari 1.
Taleb, Z., & Hassanzadeh, F. (2015). Toward smart school: A comparison between smart school and traditional school for mathematics learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 171, 90-95.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.