Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Metode Problem Solving Kelas IV SDN 28 TUMAMPUA II

Penulis

  • Hairul Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Ahmady Farmansyah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • A muafiah Nur Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.834

Kata Kunci:

Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, Problem Solving, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 28 Tumampua II melalui penerapan Metode Problem Solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dengan subjek penelitian adalah kelas IV SDN 28 Tumampua II pada tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan dua tes pada akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode Problem Solving. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving yang diterapkan pada pembelajaran tematik siswa SDN 28 Tumampua II dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukkan dengan presentase siswa tuntas dari siklus I sebesar 70,83% pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan penelitian ketuntasan belajar siswa kelas V adalah peningkatan nilai tertinggi pada siklus I ke siklus II yakni dari 95 menjadi 97. Terdapat dari penerapan metode diskusi selama proses pembelajaran yaitu meningkatkan keaktifan siswa dalam keikutsertaan mereka untuk. berpartisipasi dalam pelajaran matematika, sehingga penerapan metode problem solving telah berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 28 Tumampua II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afianah, V. (2020). Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar melalui model POLY pada siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. skripsi.

Ansori, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaikan POLYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120-129.

Kaprinaputri, A. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, 8(1).

Sabri, T. (2020). Penggunaan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan soal cerita pada pembelajaran matematika . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1-12.

Suryanto. (2013). Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Wandika, D. (2018). Analisis kemampuan problem solving menurut POLYA berdasarkan kategori Join A. Malone dalam pokok bahasan pecahan pada kelas VII SMPIT Bustanul Ulum Lampung Tengah. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yunita. (2018). Analisis kemampuan problem solving menurut polya berdasarkan kategori john a. Malone dalam pokok bahasan pecahan.

Zaidun. (2015). Peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan soal cerita matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas IX C SMP Negeri 7 Makassar. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Syarifuddin , H. ., Farmansyah , A. ., & Nur, A. muafiah . (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Metode Problem Solving Kelas IV SDN 28 TUMAMPUA II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 338–347. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.834