Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMAN 3 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.886Kata Kunci:
Model Kooperatif, STAD, English TeachingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Student Team Achievement Division sebagai model pembelajaran kooperatif dalam pengajaran bahasa Inggris pada siswa SMAN 3 Pangkep. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas XII IPA 2 di SMAN 3 Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 semester ganjil SMAN 3 Pangkep Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar Bahasa Inggris. Data dukumpulkan dengan observasi, metode test and evaluation. Penelitian ini membahas tentang pemahaman model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karakteristik model pembelajaran kooperatif tipe STAD, langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan tahapan tahapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran bahasa inggris. Hasil penelitian ini menujukan bahwa persentase hasil belajar Bahasa Inggris siswa pada siklus I sebesar 62 % dengan katagori “Rendah” pada siklus II sebesar 88 % dengan katagori “Tinggi”. Peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dari siklus I ke Siklus II sebesar 26 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe STAD dapat meningatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII IPA 2 semester ganjil di SMAN 3 Pangkep
Unduhan
Referensi
Agama, I., & Negeri, I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Teams Achievement Divisions ) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Pokok Bahasan Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah. 1–20.
Eno, M. M. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Belajar Ekonomi.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Mutalib, A., Group, M. D., & Ajar, M. (2022). UPAYA PENINGKATAN CARA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCUSSION GROUP PADA MATERI WHEN I WAS A CHILD MATA PELAJARAN, (1), 8–13.
Olinan, R. M., & Sujatmika, S. (2017). Pengaruh Stad Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Effect of Student Teams Achievement Division on Learning Results Reviewed From Student Learning Motivation). Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 14.Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/1849
Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Rawung, I. Y. (2017). The Use of STAD Model in Teaching English. SintuwumarosoJET, 3(1).
Swabudanta, I. W. O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Bahasa Inggris. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 333. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19281
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.