PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA 4 PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SMAN 3 PANGKEP

Penulis

  • Nurul Ayuni Hidayah Pendidikan Bahasa Inggris ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Hilmi Hambali
  • Hasan Hasan

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.868

Kata Kunci:

Hasil Belajar Bahasa Inggris, Berbicara, Model Pembelajaran Role Playing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII IPA 4 SMAN 3 Pangkep semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan penerapan model pembelajaran Role Playing. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (a) mengetahui efektifitas metode Role Playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa (c) mengetahui besarnya peningkatan kemampuan berbicara siswa di kelas XII IPA 4 SMAN 3 Pangkep Tahun Pelajaran 2022/2023, sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dan setiap siklusnya melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 4 SMAN 3 Pangkep tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Data dianilisis menggunakan kuantitatif dan kualitatif.  Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa siklus I dengan materi “Offering Help” pada siklus I dengan rata-rata sebesar 30,82% yang termasuk dalam kategori kurang, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar. Sedangkan pada materi yang sama siklus II rata-rata Bahasa Inggris siswa sebesar 46,44%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing sangat tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi mengungkapkan “Offering Help”. Model pembelajaran Role Playing dapat diterapkan selain untuk pembelajaran Bahasa Inggris, juga pada mata pelajaran lainnya.

 

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Dewi, Ratna Puspita. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD 2(3), 1-11.

Huda, K. (2015). Peningkatan Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 16(3).

Kristin, F. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan daam Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Mariani. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pembahasan Teks Narrative Melalui Metode Role Playing Pada Siswa SMP Islam Banda Aceh. Serambi Akademica Jurnal Pnedidikan, Sains, dan Humaniora. 7(6).

Schunk, Dale. H., Paul R. Pintrich, Judith L. Meece. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi, Edisi Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: PT.

Setiawati, K. (2016). Implementasi Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pedagogia. 14(2).

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: ANDI

Yamin, Martinis dan Maisah. (2012). Orientasi Baru Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Referensi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ayuni Hidayah, N. ., Hambali, H., & Hasan, H. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA 4 PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SMAN 3 PANGKEP . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 203–214. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.868