Revitalisasi Sistem Pertanyaan Ramah Lingkungan dan Penyuluhan Hidroponik pada Masyarakat Tondong Tallasa

Penulis

  • Nurul Irsan Asrul Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Amnur Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Abd Kadir Jaelani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.824

Kata Kunci:

Hidroponik, Budidaya, Pemberdayaan

Abstrak

Hidroponik ialah salah satu tata cara alternatif dalam membudidayakan tumbuhan tanpa memakai media tanah namun menggunakan air selaku tata cara alternatif. Nutrisi yang diberikan pada tumbuhan hidroponik bisa langsung diserap sempurna serta waktu panen lebih kilat. Bermacam berbagai sayur- mayur semacam sawi yang banyak diminati warga bisa dibudidayakan lewat teknologi hidroponik. Konsep penanaman hidroponik ini menggunakan media yang gampang ditemui. Dengan memakai air mengalir yang gampang didapatkan sehingga kurangi lahan pertanian digunakan. Penyuluhan ini bisa tingkatkan penyetahuan warga serta menggunakan energi alam. Pemberdayaan masyarakat di lingkungan Tondong Tallasa ini untuk memberikan wawasan tentang cara membudidayakan tumbuhan tanpa memerlukan lahan yang luas, dalam kegiatan pengapdian ini meliputi orientasi teknis, sosialisasi dan workshop. Dari hasil kegiatan ini dapat kita simpulkan bahwa pada prinsipnya pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat kelompok tani paham dan mampu menerapkan penggunaan terasering, sehingga kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk masyarakat kelompok tani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damayanti Asikin, Rinawati P. Handayani, Triandriani Mustikawati. 2016. “Vertical Garden Dan Hidroponik Sebagai.” 14(1): 34–42.

Muhammad, Dolie, Shalih Pratama, and Achwil Putra Munir. 2018. “KAJIAN FERTIGASI DENGAN METODE TANAM HIDROPONIK PADA TANAMAN PAKCOY (

Brassica Rapa L .) ( A Fertigation Study Using Hydroponics Cropping Method on Pakcoy ( Brassica Rapa L .)).” 6(4): 795–99.

Suherman, Z L, and B R Suteja. 2020. “Implementasi Teknologi Internet of Things Untuk Pemantauan Temperatur Udara, Kelembapan Udara, Debit Dan PH Air Pada Media Tanam Hidroponik.” Jurnal STRATEGI-Jurnal … 2(November): 369–76. http://strategi.itmaranatha.org/index.php/strategi/article/view/188.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Irsan Asrul, N. ., Amnur, & Jaelani, A. K. . (2023). Revitalisasi Sistem Pertanyaan Ramah Lingkungan dan Penyuluhan Hidroponik pada Masyarakat Tondong Tallasa. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 509–511. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.824