Teras Belajar Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 8 Pangkep

Penulis

  • Nurul Azizah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Siti nun ainun kelsaba Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sri Khafifah syariani Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rafzhanjani khany rum Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.881

Kata Kunci:

Peningkatan, Kemampuan Bahasa Inggris, Program Teras Belajar

Abstrak

Bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan sesama manusia. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar negara dan bahasa inggris digunakan serta berkomunikasi disetiap Negara. Kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan karena sekarang adalah era globalisasi yang segala sesuatuh dipermudah dengan menggunakan bahasa inggris. Sehingga diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yaitu melalui program Teras Belajar. Teras Belajar adalah program bimbingan belajar bahasa Inggris untuk siswa. Yang tujuannya untuk menjadikan wadah baru bagi siswa agar tidak menoton pada ruang kelas dalam belajar bahasa inggris dan ini juga dapat membantu siswa/siswi yang berkekurangan dari segi finansial untuk belajar bahasa inggris maka teras belajar hadir sebagai solusi yang efesien untuk bagaimana prose pembelajaran ini bisa dinikmati oleh seluru kalangan siswa/siswa di SMA Ngerei 8 Pangkep khususnya yang tinggal di desa Bantimurung dengan memanfaatkan Teras poskoh tempat mahasiswa P2K untuk belajar bahasa inggris secara gratis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Munadzdzofah, O. (2018). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang Sebagai bahasa Komunikasi Bisnis di era Globalisasi. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(2), 58-73.

Karyanto, M. (2019). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada era globalisasi.

Amaliah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Melalui Program Teras Belajar di Desa Kotanegara Ilir. Griya Cendikia, 6(1), 60-68.

Munisah, E. Peningkatan kemampuan bahasa inggris siswa sekolah dasar melalui program teras belajar.

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72.

Martiarini, E. (2018). Efektivitas Penggunaan English Classroom Expression untuk Guru SMP-SMA. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(03), 216-223.

Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembang an Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 1-8

Sutiyono, A. (2014). Model Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Di Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rosbaniar, I. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Kelas Satu Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Maulida, H. (2017). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan google translate sebagai media menerjemahkan materi berbahasa Inggris. Jurnal Saintekom, 7(1), 56-66.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Azizah, N. ., kelsaba, S. nun ainun ., Khafifah syariani, S. ., & rum, R. khany . (2023). Teras Belajar Sebagai Alternatif Pembelajaran Dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 8 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 348–357. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.881