Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Aktivitas Siswa UPT SMA NEGERI 3 Pangkep

Penulis

  • Nurmi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Hilmi Hambali Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.875

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, STAD, Pendekatan Saintifik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik setting kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pangkep yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor hasil belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 65-75) dilihat dari tidak adanya siswa yang tuntas nilai KKM 77. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah metode tes, obsevasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus pertama dengan skor rata-rata hasil belajar siswa 72,80 dan daya serap siswa 72,80%. Pada siklus dua rata-rata hasil belajar siswa 80,92 dan daya serap siswa 80,92%. Adapun peningkatan rata-rata presentase aktivitas-aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 11,87%. Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akib Erwin, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.

Amiruddin, I. M. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 1 (2019), 25-32.

Adhia, H. (2015). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII TKR SMK ADZKIA PADANG DENGAN MODEL STAD. LEMMA VOL II. NO.1, NOV 2015, 43-51.

Haeril. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAS MUHAMMADIYAH RAHA PADA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. JURNAL EDUKASI CENDEKIA Volume 1, Nomor 1, Februari 2017, 87-99.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan KontekstuaL Dalam Pembelajaran Abad 21. In Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor:Ghalia Indonesia.

I Kadek Yogi Mayudana, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meeningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Volume IX Nomor 2 September Tahun 2020, 129-137.

Kemindikbud. (2014). Panduan Teknis dan Penilaian . Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Budaya.

LASTIA, I. N. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA . MPI, VOL. 1 NO. 3, DESEMBER 2020 e-ISSN: 2745-8601, 242-250.

Mara Judan Rambey, M. N. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION (STAD) DI SD NEGERI200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR VOL.1 NO.3 Edisi Desember 2021, 122-131.

Mudijono, D. &. (2013). Hasil belajar.

Munajah Chairani, S. R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 2017, 71-81.

Prof. Dr. H. Irwan Akib, M. (n.d.). BUKU PANDUAN PROGRAM PEMANTAPAN PROFSI KEGURUAN (P2K). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

RIKU, M. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-MIA SMAN 1 WOLOWE KABUPATEN NAGEKEO PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran No.1 Vol 1. februari Tahun 2021, 45-53.

Rizki Kurniawan Rangkuti, M. R. (2019). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-STAD TERINTEGRASI ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI Volume 3, No.1, Juni 2019, 64-69.

Roosanti, E. (2020). MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII MIPA 4 SMAN 19 SURABAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEMESTER GANJIL 2018-2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta Volume VI, Nomor 4, Desember 220, 378-392.

Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan, jenis, metode, dan prosedur. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sri Rezeki, h. H. (2022). pengaruh e-LKPD berbasis discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep animalia kelas x di SMA Negeri 2 Gowa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol 1. No. 1 juli 2022, 1-11.

SUPARSAWAN, I. K. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Indonesian Journal of Educational development Volume 1 Nomor 4, Februari 2021, 607-620.

Wulandari. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (student Teams Achievent Division). Jurnal papeda Vol 4, No 1, 2022, 17-23.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Nurmi, Hambali, H. ., & Wahyuni, S. (2024). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Aktivitas Siswa UPT SMA NEGERI 3 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(2), 277–290. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.875