Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teory Polya Siswa Kelas X UPT SMAN 13 PANGKEP

Penulis

  • Ira Kusmira Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rismawati Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sri Maryam Nur Cahyani Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Zuljalal Ikram Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.850

Kata Kunci:

kemampuan , Pemecahan Masalah, Teory Polya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya siswa kelas X SMAN 13 Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 13 Pangkep sebanyak 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kategori tinngi bisa menyelesaikan soal dengan benar berdasarkan prosedur teori Polya. Subjek kategori sedang mampu menyelesaikan soal dengan prosedur polya akan tetapi belum sepenuhnya benar dalam menyelesaikan soal. Sedangkan subjek kategori rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan benar dan sulit dalam mengubah ke model matematika. 

Kata kunci: kemampuan Pemecahan Masalah, Teory Polya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya siswa kelas X SMAN 13 Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 13 Pangkep sebanyak 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kategori tinngi bisa menyelesaikan soal dengan benar berdasarkan prosedur teori Polya. Subjek kategori sedang mampu menyelesaikan soal dengan prosedur polya akan tetapi belum sepenuhnya benar dalam menyelesaikan soal. Sedangkan subjek kategori rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan benar dan sulit dalam mengubah ke model matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika: Cara siswa memperoleh jalan untuk berpikir kreatif dan sikap positif [Mathematics problem solving: The way of students to acquire creative thinking and positive attitudes]. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Trapsilasiwi, D., Jhahro, K. F., & Setiawan, T. B. 2018. Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma, 9(1), 116–122.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. JurnalTadris Matematika, 1(2), 137-144.

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.

Netriwati, N. 2016. Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran SAVI dan konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.

Suryani, M., Jufri, H. L., Putri, A. T. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: conference series, 1402(7), 077097.

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Astuti, R., Isnarto., Hidayah, I. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Hadi, S., Radiyatul. 2014. METODE PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Kusmira, I., Rismawati, Maryam Nur Cahyani, S. ., & Ikram, Z. . (2024). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teory Polya Siswa Kelas X UPT SMAN 13 PANGKEP. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 186–195. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.850