MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI PENERAPAN ICE BREAKING DI KELAS 1 UPTD SDN 127 INPRES MONCONGLOE TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1245Kata Kunci:
Hasil belajar, Ice BreakingAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar murid melalui penerapan ice Breaking di kelas 1 UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe Tahun Pelajaran 2023/2024. Salah satu sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan Program Pemantapan Profesi Keguruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar adalah UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe terletak di Desa Pamanjengan Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Penelitian ini dilaksanakan dalam pelaksanaan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) yang diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober – 02 November 2023. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan Pengaplikasian teknik ice Breaking berupa gerak dan lagu, melatih konsentrasi, dan Audio Visual, efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran murid kelas 1 UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe. Hal ini dibuktikan dalam hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pembelajaran murid apabila digunakan teknik ice breaking.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Chatib, Munif. 2013.
Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.
Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif Edi si III. Bandung: Nuansa Cendikia.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Fanani. 2010.
Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan,
(Online), Vol. 6, No. 11 (http://repositori. uinalauddin.ac.id/6297 /1Skripsi%20
Fatwal%20Harsyad .pdf/,diakses 20 Oktober 2022)
Gaosang, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.
Heni, P.P., & Mohammad, A.R. 2019. Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning
Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Vol.
, No. 02.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran.
Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking.
Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29. M said, 80+ Ice breaker games kumpulan permainan
penggugah semangat, (Yogyakarta :Andi offset,2010)
Oka, G. P. A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Arya Oka. Pratiwi. 2013.
Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar
Anak Kelompok B. TK Laboratorium PG-PAUD. FIP UNESA Soenarno. Adi. 2005. Ice
Breaking Permainan Atraktif-Interktif Untuk Pelatihan Manajemen. Yogyakarta: Andi
Sudjana. 2006. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung: Falah Production.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.