MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI PENERAPAN ICE BREAKING DI KELAS 1 UPTD SDN 127 INPRES MONCONGLOE TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • Nur Afni Wulan Kurnia Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rismawati Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Amy Fidyaningsih Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Riska Amaliya Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1245

Kata Kunci:

Hasil belajar, Ice Breaking

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar murid melalui penerapan ice Breaking di kelas 1 UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe Tahun Pelajaran 2023/2024. Salah satu sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan Program Pemantapan Profesi Keguruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar adalah UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe terletak di Desa Pamanjengan Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Penelitian ini dilaksanakan dalam pelaksanaan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) yang diselenggarakan  pada tanggal 10 Oktober – 02 November 2023. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan Pengaplikasian teknik ice Breaking berupa gerak dan lagu, melatih konsentrasi, dan Audio Visual, efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran murid kelas 1 UPTD SDN 127 Inpres Moncongloe. Hal ini dibuktikan dalam hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pembelajaran murid apabila digunakan teknik ice breaking.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Chatib, Munif. 2013.

Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif Edi si III. Bandung: Nuansa Cendikia.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Fanani. 2010.

Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan,

(Online), Vol. 6, No. 11 (http://repositori. uinalauddin.ac.id/6297 /1Skripsi%20

Fatwal%20Harsyad .pdf/,diakses 20 Oktober 2022)

Gaosang, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Heni, P.P., & Mohammad, A.R. 2019. Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning

Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. Vol.

, No. 02.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran.

Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking.

Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29. M said, 80+ Ice breaker games kumpulan permainan

penggugah semangat, (Yogyakarta :Andi offset,2010)

Oka, G. P. A. (2017). Media dan Multimedia Pembelajaran. Arya Oka. Pratiwi. 2013.

Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar

Anak Kelompok B. TK Laboratorium PG-PAUD. FIP UNESA Soenarno. Adi. 2005. Ice

Breaking Permainan Atraktif-Interktif Untuk Pelatihan Manajemen. Yogyakarta: Andi

Sudjana. 2006. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung: Falah Production.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Kurnia, N. A. W., Rismawati, Fidyaningsih, A., & Amaliya, R. . (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI PENERAPAN ICE BREAKING DI KELAS 1 UPTD SDN 127 INPRES MONCONGLOE TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 40–45. https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1245