Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Diskusi pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 28 Tumampua II

Penulis

  • Eti Putri Pratama Sanjaya Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Fitri Maharani Hamsah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Andi Muafiah Nur Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.858

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Diskusi, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 28 Tumampua II melalui penerapan Metode Diskusi. Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah kelas V SDN 28 Tumampua II pada tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan tes yang diadakan pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi yang diterapkan pada pembelajaran tematik siswa SDN 28 Tumampua II dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini di tunjukkan dengan presentase siswa tuntas dari siklus I sebesar 68,18% pada siklus II menjadi 86,36%. Berdasarkan penelitian ketuntasan belajar siswa kelas V adalah peningkatan nilai tertinggi pada siklus I ke siklus II yakni dari 91 menjadi 97. Terdapat dari penerapan metode diskusi selama proses pembelajaran yaitu meningkatkan keaktifan siswa dalam keikutsertaan mereka untukberpartisipasi dalam pelajaran tematik, sehingga penerapan metode diskusi telah berhasil meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 28 Tumampua II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akib, I., & dkk. (2022). Buku Panduan Program Pemamtapan Profesi Keguruan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hadija. (2013). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS No. 2 Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Mirniati, N. K. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKN Tentang Menghargai Dan Menghormati Keputusan Bersama Kelas V SDN Inpres 3 Tolai. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Mulyati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Pecahan Di Kelas III SDN Kalisari 1. Jurnal Ilmiah "Pendidikan Dasar".

Puji, E. R. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kleas IV SDK Siendeng Kecamatan Bolano Lambunu. Jurnal Kreatif Tadulako.

Sudarsih, N. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Instruction.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Sanjaya, E. P. P. ., Hamsah, F. M. ., & Nur, A. . M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Diskusi pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 271–278. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.858