PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS II UPT SPF SDN 30 SUMPANG BITA KABUPATEN PANGKEP

Penulis

  • Debi Putri Dinita Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Muhammad Akhir Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Suriani Suriani UPT SPF SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.863

Kata Kunci:

Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture

Abstrak

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada murid kelas II UPT SPF SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Penelitian ini  dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid Kelas II UPT SPF SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep sebanyak 18 orang siswa, diantaranya 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian pada tahap pra siklus rata-rata sebesar 56,7 dengan persentase 54,17% ini berarti kurang memenuhi kriteria. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid 56,7 dengan 3 murid (16,7%). Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 84,4 dengan 16 murid (88,9%). Dengan demikian, selisih murid yang tuntas hasil belajarnya secara klasikal dari siklus I ke siklus II adalah 13 orang (72,2%).Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada murid Kelas II UPT SPF SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aningsih. 2021. Model Picture and Picture Sebagai Solusi Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Vol. IX, No 1. Februari 2021.https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/2992/1959

Amal, A. Basam, F & Rizal. 2019. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA Murid Kelas V SD Pertiwi Makassar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 02 (1), (2019) 34-40. https://www.researchgate.net/publication/336419083_PENINGKATAN_KETERAMPILAN_PROSES_SAINS_DALAM_PEMBELAJARAN_IPA_MURID_KELAS_V_SD_PERTIWI_MAKASAR

Arends. 2018. Learning to Teach Buku 1 Alih bahasa : Helly Prajitno S. dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah, Syaiful. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Farida, Ida. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar pada Konsep Pencemaran Lingkungan Bernuansa Nilai Pada Murid Kelas VII SMP Negeri 121 Jakarta Barat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN.

Hamid. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda Mifhatul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjono. 2017. Cooperative Learning. Jakarta : Alfabeta

Iskandar, M.Srini. 2016. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.

Johnson, E. B. 2017. Contextual Teaching and Learning Alih bahasa : Ibnu Aetiawan. Bandung : Mizan Learning Center (MLC)

Kemendikbud. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuraedah, St. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB pada mata pelajaran IPA di MIN 2 Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib Vol 1 No 9. https://media.neliti.com/media/publications/235718-penerapan-metode-picture-and-picture-dal-6037602c.pdf.

Lie, A. 2012. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nasrah, & Ulfa, Maria. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Study dengan

Memanfaatkan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA pada Murid Sekolah Dasar. Global Science Education Journal Volume 1 Nomor 2 November 2019 Hal. 94- 102.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nur, M. 2018. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Nurhadi & Senduk, Agus Gerrad. 2014. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhidaya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Kelompok Penyelidik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Kelas V SD Negeri 36 Sepong Kabupaten Luwu. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Nurlatifah. 2015. Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture Untuk Meningkatkan dan Mengembangkan Kemampuan Murid Memecahkan Masalah (Studi Pada Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kelas X APk SMK Muhammadiyah 2 Malang).Universitas Muhammadiyah Malang.

Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabri, Ahmad. 2015. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press.

Sahabuddin. 2017. Mengajardan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses yang disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E., 2017. Cooperative Learning Theory. Second Edition. Massachutts : Allyn and Bacon Publisher.

Sulistyorini Sri. 2017. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannyadalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sudjana, N. 2015. Cara Belajar Murid Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Angesindo. Bandung.

Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistyorini. 2017. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta : Tiara Karya.

Suprijono, Agus, 2019. Pembelajaran Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syafaruddin, Nasution. 2015. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Tirtahardja. 2017. Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja. 2015. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliastanti, Dini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 No 2 (2014): JPGSD Vol 2, No 2 (2014) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/789.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Putri Dinita, D. ., Akhir, M. ., & Suriani , S. . (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS II UPT SPF SDN 30 SUMPANG BITA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 166–179. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.863

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama