Upaya Meningkatkan Minat Baca Permulaan Siswa Kelas I Dengan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.814Kata Kunci:
Minat Baca Permulaan, Media Pembelajaran, GambarAbstrak
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan minat baca siswa dengan menggunakan media gambar di kelas I SDN 30 Sumpangbita Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas I SDN 30 Sumpangbita Kabupaten Pangkep sebanyak 12 orang siswa, diantaranya 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media gambar pada murid kelas I SDN 30 Sumpangbita Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan membaca permulaan pada siklus I 73,75 dan yang tuntas 6 murid atau 50%, dan skor rata-rata keterampilan membaca permulaan murid pada siklus II meningkat menjadi 80 dan yang tuntas sebanyak 9 murid atau 80%. Di samping itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif.Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan pada murid kelas I SDN 30 Sumpangbita Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui media gambar.
Unduhan
Referensi
Agnisa Widayanti, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa. XVI (1).
Anisatul Azizah, D. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://oi.org/10.36835/au.v3i1.475
Aprida Pane, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.
Arikunto, P. (2017). Pengertian dan Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli. In Www.Wawasan-Edukasi.Web.Id.
Dariyanto, D. (2022). Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an. ZAD Al-Mufassirin, 4(1), 82–109. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.36
Fazrin, M. H. (2022). “Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Kelompok Kerja Guru Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan”, Sekripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64600
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Hanik, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VI di SDN Mlancu 1 Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I(2), 478–500.
Muhamad Afandi, D. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005
Nurul Insani Putri Aulia, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Mau’izhoh, 3(1), 9. https://doi.org/10.31949/am.v3i1.3194
Putri, S. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 10.
Ramaina, R. (2022). Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PKN melalui Media Digital pada Kelas XI IPS 1di SMA Negeri 3 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(September), 445–451. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.