EKSISTENSI DAN PERILAKU KOMUNITAS PEMINUM BALLO’ (STUDI KASUS PADA KAMPUNG BUNGUNG KATAMMUNG KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG)

Authors

  • Suardi

Keywords:

Eksistensi, Komunitas, Perilaku, Menyimpang

Abstract

Eksistensi minuman ballo’ dalam masyarakat ada sejak dulu, yang sudah menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat, meskipun awalnya jumlahnya hanya sedikit namun lama-kelamaan mengalami peningkatan yang sangat singnifikan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anomie, labeling, sosialisasi dan kontrol dalam  masyarakat. Eksintensi komunitas peminum ballo’ seperti adanya norma, hukum,  filosofis, stratifikasi, status dan peran. Terbentuknya komunitas peminum ballo’ dipengaruhi faktor kedekatan setiap anggota masyarakat dan kesamaan kebiasaan masyarakat. Sedangkan individu yang meminum ballo’ dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor sosialisasi, labeling , anomi dan  kontrol sosial. Dampak positif kominutas peminum ballo’ sebagai wadah interaksi sosial, solidaritas sosial dan ekonomi keluarga sedangkan dampak negatifnya seperti kesehatan, konflik sosial, pendidikan dan hukum. Pengendalian sosial komunitas peminum ballo’ di dalam  masyarakat dapat dilakukan pemerintah, lembaga kepolisian dan lembaga adat sebagai control social yang mampu memberikan pengendalian secara persuasive dan koersif yang diharapkan mampu menertipkan anggota mayarakat yang melanggar aturan agar kehidupan masyarakat tertib, aman dan tentram (equilibrium).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Suardi. (2014). EKSISTENSI DAN PERILAKU KOMUNITAS PEMINUM BALLO’ (STUDI KASUS PADA KAMPUNG BUNGUNG KATAMMUNG KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG). Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 58–66. Retrieved from http://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1515

Issue

Section

Articles