PEMBELAJARAN KRIYA LOGAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 MAKASSAR

Penulis

  • Ryo Sandhewa Raya Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia
  • Muh Faisal Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia
  • Irsan Kadir Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia

Kata Kunci:

kriya logam, STAD, SMP Negeri 15 Makassar

Abstrak

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penyusunan RPP dan pemberian materi ajar serta bagaimana proses penilaian yang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tentang pembelajaran kriya logam yang akan dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 15 Makassar digunakan pada pembelajaran ini adalah model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 15 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes praktik, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fenomena, variabel, fakta, dan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari proses belajar siswa berdasarkan RPP yang telah dibuat dan sesuai dengan bahan ajar yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, proses penilaian guru didasarkan padabeberapa aspek yaitu bentuk desain, penguasaan teknik dan komposisi

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-24

Cara Mengutip

Raya, R. S., Faisal, M., & Kadir, I. (2024). PEMBELAJARAN KRIYA LOGAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 MAKASSAR. Macora, 1(1), 35–46. Diambil dari http://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/macora/article/view/1550