PERANCANGAN ILUSTRASI ALPHABET POP UP BOOK DI TK AISYIYAH KALIMBUA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Penulis

  • Julianti Safitri Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia
  • Muh Faisal Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia
  • Roslyn Universitas Muhammdiyah makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Perancangan, Ilustrasi Alphabet, Pop Up Book

Abstrak

Dalam dunia pendidikan saat ini ada banyak anak anak yang masih malas belajar ataupun menghafalkan huruf sehingga pendidikan pada masa kanak kanak sangat dibutuhkan. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi pada anak anak sehingga saat ini dibutuhkan alternatif pembelajaran yang mampu menambah minat anak anak untuk belajar dan menghilangkan ketergantungan anak pada media elektronik. Salah satu metode itu diantaranya adalah menggunakan ilustrasi Alphabet Pop Up Book. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk menguji efektivitas Alphabet Pop Up Book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia TK. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan meted observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitiannya dalam hal ini adalah siswa TK Aba Kalimbua Kecamatan Baraka Kab Enrekang.Dalam proses perancangan ilustrasi Alphabet Pop up Book tidak jauh berbeda dengan buku lainnya tetapi untuk Pop Up Book itu sendiri desainnya harus memiliki keterampilan khusus dengan diawali dengan penentuan konsep dan jalan cerita,lalu menentukan teknik teknik yang dipakai dalam membuat bentuk Pop Up tersebut. Pada penelitian ini hasil dari metode observasi yang dilakukan pada anak anak di TK Aisyah Kalimbua Kecamatan Baraka mampu meningkatkan minat belajar anak anak serta membantu peserta didik dalam mengenal Alphabet.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-24

Cara Mengutip

Safitri, J., Faisal, M., & Roslyn. (2024). PERANCANGAN ILUSTRASI ALPHABET POP UP BOOK DI TK AISYIYAH KALIMBUA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG. Macora, 1(1), 25–34. Diambil dari http://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/macora/article/view/1561