Pengaruh Model Pembelajaran DT-Cita Terhadap Hasil Belajar Anatomi-Fisiologi Siswa

Penulis

  • Sriningsih SMKS Muhammadiyah,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.1104

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Anatomi-Fisiologi

Abstrak

Penelitian ini mengintegrasikan dua jenis model pembelajaran, yaitu: (1) model Pembelajaran ber-Diferensiasi, dan (2) model pembelajaran kooperatif type Team Individualization Assited (TAI), yang telah dikonversi menjadi Model Pembelajaran  type Cooperative  Individualization Team Assited (CITA). Integrasi kedua model pembelajaran tersebut menghasilkan Model Pembelajaran ber-Difrerensiation Type Cooperative  Individualization Team Assited yang disebut Model Pembelajaran DT-CITA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan eksperimen, yaitu: penerapan Model Pembelajaran DT-CITA untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan dua jenis subyek penelitian, yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Oleh karena itu, maka desain penelitian yang dipilih adalah: “only posttest control group desain” yaitu salah satu desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah testing. Data dianalisis dengan teknik statistik, yaitu: statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh (positif) dan signifikan terhadap hasil belajar Anatomi-Fisiologi siswa, dan (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Anatomi-Fisiologi diantara tiga preferensi gaya belajar siswa.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambarwati, F.M., & Nursiwi Nugraha. (2023). Profil modalitas belajar peserta didik untuk Pembelajaran Diferensiasi SDN Ngaliyan 01. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual. 2(2), 140 - 154 .

Arif, M. Tiro., & Baharuddin Ilyas. (2002). Statistik Terapan; untuk Ilmu Ekonomi & Ilmu Sosial. Makassar: Andira Publisher.

Dimyati. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ditasoma, C. (2017). Penerapan pendekatan Differentiated Instruction dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Jurnal EduMatSains. 2(1), 273 - 283.

Fitra, D.K. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi dalam perspektif progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(3), 250 - 258.

Hamalik, Umar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(2). 175 – 182.

Indriyani, K. Windhi, & I Nyoman Sujana. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Denpasar. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9(2), 230-239.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Peserta Didik. Lampung: Fakta Press.

Miqwati, dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Pena Anda. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1(1), 30 - 38.

Riadi, M. (2020). Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik). Blog. (Online:https://www.kajianpustaka.com/2020/10/model-pembelajaran-vak.html).

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajat. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & RD. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2002). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia Amabile

Slavin, E. Robert. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Tomlinson, C.A. (2001). How to differential instruction in mixed-ability classrooms. ASCD.Tomlinson (Modul 2.1 PGP 2020).

Uno, H.B. & Umar, M.K. (2023). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: sebuah Konsep Pembelajaran berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyawati, Reza & Putri Rachmadyanti. (2023). Analisis penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. 11(2), 365 - 379.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Bengkulu: Kencana Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Sriningsih. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran DT-Cita Terhadap Hasil Belajar Anatomi-Fisiologi Siswa. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(2), 313–330. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.1104