Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture Pada Kelas VI UPTD SD Negeri 146 Barambang 1
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1238Kata Kunci:
Model Picture And picture, Hasil Belajar Siswa, Bahasa IndonesiaAbstrak
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture pada kelas IV UPTD SD Negeri 146 Barambang 1 Kabupaten Maros.Penelitian ini bertujuan melihatkeberhasilan penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Target penelitian ini adalah untuk menemukan masalah terhadap kondisi siswayang selama ini menggunakan model pembelajaran yang biasa maka hasil pembelajaran tidak mendapat hasil yang maksimal. Dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN 146 Barambang 1 Kecamatan Mandai.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Sampel dan populasi adalah siswa kelas UPTD SD Negeri 146 Barambang 1 Kabupaten Maros, yang masing-masing berjumlah 18siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui adanya keberhasilan penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa IndonesiaHasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pembelajaran melalui model pembelajaran picture telah terlaksana dengan baik.Pada tahap ini peneliti mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar tes siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran picture and picture.
Unduhan
Referensi
Ananda Rusyidi, Dkk. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan; CV Widya Puspita
Arikunto Suharsimi, Dkk. (2017). Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia
Aqib Zainal, Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrahma Widia
Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika. 2013. Medan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAINSU. Vol II No. 1.
Bakar A Rosdiana. (2008). Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Ciptapustaka Media
Cahyani Isah. (2012). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta
Daulay Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Dipl Zuhri, TAFL dkk. (1992). Sunan At Tarmidzi Juz IV. Semarang, CV AsySyifa’.
Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Hamalik Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada Jaya
Farida. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Medan:
Jihat Asep, Abul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan.Medan: Perdana Publishing
Nasution Wahyudin Nur. (2017). Stategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing
Nata Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta; PT Rajagrafindo Persada, h. 157.
Purwanto Nanag. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Purwandi Retno. (2015). Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Istana Media
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Karisma Putra Utama
Salim, Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing
Sanjaya Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Solihatin Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PKN. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sumardi. (2002). Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo
Syah Muhibin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Uno B Hamzah, Nurdin Mohammad. (2014). Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.