Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa

Penulis

  • Sitti Rahma Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Farida Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.1611

Kata Kunci:

Analisi kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Prosedur Newman.

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan kategori nilai dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Subjek penelitian ini terdiri atas 3 orang yang diambil berdasarkan siswa yang mengerjakan tes hampir selesai atau telah selesai tetapi terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita matematika dan wawancara, serta validasi instrumen dilakukan dengan tahapan validasi ahli 2 orang. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis- jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita matematika adalah: (1) pada subjek dengan nilai kategori tinggi (AF) adalah kesalahan penulisan jawaban akhir pada soal nomor 1. (2) pada subjek dengan kategori nilai sedang (MS) melakukan kesalahan transformasi pada nomor 1 dan 2, kesalahan keterampilan proses pada nomor 1 dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada soal nomor 1 dan 2. (3) pada subjek dengan kategori nilai rendah (DA) melakukan kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada soal nomor 1 dan 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, Sofri Rizka. 2017. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, (Online), Vol. 8, No. 1, (http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksi oma/article/view/1505/1273, diakses 3 Januari 2024).

Fatahillah, Arif. dkk. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, (Online), Vol. 8, No. 1, (https://jurnal.unej.ac.id, diakses 3 Januari 2024).

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7747

Hariyani, S., Ningsih, N., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3715

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Pramesti, Tia. dkk. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School, (Online), (https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/1108, diakses 3 Januari (2024).

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rismawati, Melinda & Margareta Asnayani. 2019. Analisis Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman. J-PiMat, (Online), Vol.1, No. 2, (https://scholar.archive.org, diakses 3 Januari 2024).

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Bedasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sunardiningsih, Ganik Wahyuningtias. dkk. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalamMenyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, (Online), Vol. 1, No. 2, (https://ejournal.unikama.ac.id, diakses 13 November 2021).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Tahir, S. R. ., & Farida. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(3), 487–501. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.1611