MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENINGKATKAN ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Amaluddin Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Muh Asrianto Setiadi Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Andi Sufiana SMP Negeri 7 Barru

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.444

Kata Kunci:

Learning Model, Antusias Siswa, Team Games Tournament

Abstrak

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk Menerapkaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan peran aktif siswa dalam kelas dan Memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2B UPTD SMP NEGERI 7 BARRU, sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 selama 45 hari di mulai 14 Februari- 30 Maret 2022. Penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas.Pada proses pembelajaran terlihat beberapa peningkatan yang terjadi pada siswa dimana berdasarkan hasil pengamatan sikap siswa di kelas selama kegiatan belajar melalui metode Teams Games Tournament ( TGT) ternyata mampu mengubah sikap belajar siswa dan dapat meningkatkan pola pikir dan aktivitas belajar siswa serta menumbuhkan rasa saling kerjasama antar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nur, Muhammad, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA Press, 2005

Rahayu, Online (2006). Pengertian Numbered Heads Together (NTH). (http:/iniwebhamdan.wordpress.com/2012/05/10/pengertian numbered-head-together-nth/) diakses tanggal 06 April 2020.

Ibrahim, M & Nur, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Universiy Press.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar

Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Semarang. Unesa Universty Press

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Amaluddin, Asrianto Setiadi, M. ., & Andi Sufiana. (2022). MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENINGKATKAN ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.444