MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENINGKATKAN ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.444Kata Kunci:
Learning Model, Antusias Siswa, Team Games TournamentAbstrak
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk Menerapkaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan peran aktif siswa dalam kelas dan Memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2B UPTD SMP NEGERI 7 BARRU, sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 selama 45 hari di mulai 14 Februari- 30 Maret 2022. Penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas.Pada proses pembelajaran terlihat beberapa peningkatan yang terjadi pada siswa dimana berdasarkan hasil pengamatan sikap siswa di kelas selama kegiatan belajar melalui metode Teams Games Tournament ( TGT) ternyata mampu mengubah sikap belajar siswa dan dapat meningkatkan pola pikir dan aktivitas belajar siswa serta menumbuhkan rasa saling kerjasama antar siswa.
Unduhan
Referensi
Nur, Muhammad, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA Press, 2005
Rahayu, Online (2006). Pengertian Numbered Heads Together (NTH). (http:/iniwebhamdan.wordpress.com/2012/05/10/pengertian numbered-head-together-nth/) diakses tanggal 06 April 2020.
Ibrahim, M & Nur, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Universiy Press.
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar
Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Semarang. Unesa Universty Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.