PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKS MUHAMMADIYAH BUNGORO

Penulis

  • Resti Febrianti Fatimah Pendidikan Matematika ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Rezky Apriana Hartono 3Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Wahyuni Pendidikan Matematika ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Abdillah Nursakiah SMKS Muhammadiyah Bungoro,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.614

Kata Kunci:

Model pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Artikel ini memuat hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro pada semester Ganjil 2022/2023. Prosedur pelaksnaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TBSM SMKS Muhammadiyah Bungoro yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan menghitung peningkatan nilai hasil belajar siswa melalui siklus penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan delapan kali pertemuan pada masing- masing siklusnya dilakukan empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Matematika siswa pada setiap siklus penelitian. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 33,33% sementara itu, pada siklus II hasil belajar mencapai 53,33% dengan peningkatan sebsar 20%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Jakarta:Balai Pustaka. Lahude Herlina. 2008. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP

Negeri 2 belopa kab. Luwu melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Skripsi UNISMUH Makassar.

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K).

Tahir, Budiman dan Aminuddin. 2008. Meningkatkan pemahaman konsep bangun

datar melalui talimatika kelas II A SD Impres Bonto-Bontoa Kabupaten Gowa. Laporan Akhir PTK Bagi Guru peserta PTK. Makassar.

Tiro, Muhammad Arif. 1999. Dasar-dasar Statistika. Makassar; State Unersity of Makassar Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

Febrianti Fatimah , R. ., Rezky Apriana Hartono, Wahyuni, & Nursakiah, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKS MUHAMMADIYAH BUNGORO. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.614