Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros

Penulis

  • Sherly Sherly Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Agesti UPTD SDN 109 Inpres Lekoala, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.851

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif , STAD

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV di SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung sebanyak dua siklus yang mana disetiap siklusnya dilaksanakan  4 kali pertemuan. Subjek pada penelitian  ini ialah siswa kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes hasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I memperoleh  49,6 menjadi  83,4 pada siklus II dan juga presentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa klas IV di sekolah tersebut setiap siklusnya masing- masing 37,5% sebanayak 6 siswa dan  87,5% yaitu sebanyak 14 siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sherly Sherly, Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

Sherly, lahir di Maros pada tanggal 7 Agustus 2001. Anak pertama dari 2 bersaudara pasangan Abdul Wahab Kuasa dan Nurintang. Pada tahun 2006 memasuki sekolah dasar di SDN 183 Inpres Mangngai dan tamat pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan menengah  pertama di SMPN 14 Tanralili pada tahun 2012 dan tamat pada tahun 2016. Pada tahun 2016, melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah atas dan menyelesaikannya pada tahun 2019. Di tahun 2019 melanjutkan pendidikan di universitas Muhammadiyah Makassar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD S1) sampai sekarang.

Referensi

Asma, Nur. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiona

Cahyo Prihandoko. (2016). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasinoal.

Darmanto, Puji Wiyoto. (2017). Kamus Inggris Indonesia. Surabaya: Arloka.

Erva Arnas, dkk. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 011 Langgini Bangkinang. (Online). (https://repository.unri.ac.id, diakses 2o Desember 2022)

Herman Hudoyo. (2015). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Pres

Husain, Andi Batari. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Murid Kelas V Sdn Paccinang Kota Makassa. Makassar: FKIP Unismuh Makassar

Mudjiono & Dimianti. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Trianto. (2017). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Sherly, S., Sulfasyah, & Agesti. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 261–270. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.851