Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.851Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif , STADAbstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas IV di SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung sebanyak dua siklus yang mana disetiap siklusnya dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala Kabupaten Maros yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes hasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 109 Inpres Lekoala mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I memperoleh 49,6 menjadi 83,4 pada siklus II dan juga presentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa klas IV di sekolah tersebut setiap siklusnya masing- masing 37,5% sebanayak 6 siswa dan 87,5% yaitu sebanyak 14 siswa.
Unduhan
Referensi
Asma, Nur. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiona
Cahyo Prihandoko. (2016). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasinoal.
Darmanto, Puji Wiyoto. (2017). Kamus Inggris Indonesia. Surabaya: Arloka.
Erva Arnas, dkk. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 011 Langgini Bangkinang. (Online). (https://repository.unri.ac.id, diakses 2o Desember 2022)
Herman Hudoyo. (2015). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Pres
Husain, Andi Batari. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Murid Kelas V Sdn Paccinang Kota Makassa. Makassar: FKIP Unismuh Makassar
Mudjiono & Dimianti. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Trianto. (2017). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.