Permainan Tebak-Tebakan Kata : Cara Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa ESP Di SMA Negeri 13 Pangkep

Penulis

  • Siti Anita universitas muhammadiyah makassar,indonesia
  • Resky Natasya Idris Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Yurista Ayu Puspita Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Eka Prabawati Rum Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.663

Kata Kunci:

permainan tebak kata, ESP, Kosa Kata, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Guru harus menemukan teknik pengajaran yang memotivasi dan menggairahkan siswa tentang belajar kosa kata. Salah satu teknik yang dapat membuat siswa bersemangat dan memiliki motivasi untuk belajar bahasa adalah dengan memanfaatkan permainan. Salah satu alasan utama menggunakan permainan untuk mengajar adalah bahwa permainan itu sangat menyenangkan bagi guru dan siswa. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kosa kata siswa melalui penggunaan permainan tebak kata untuk siswa kelas dua SMA Negeri 13 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata siswa ESP dengan menggunakan Game tebak kata pada siswa di SMA Negeri 13 Pangkep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif: Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan PTK dipilih karena pendekatan ini sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk menambah kosakata siswa ESP dengan menggunakan permainan tebak kata. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas dua SMA Negeri 13 Pangkep tahun pelajaran 2021/2022. Penulis menggunakan dua siklus dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan tebak kata meningkatkan pencapaian kosa kata siswa. Ini menyiratkan bahwa teknik permainan tebak kata membantu siswa mempelajari kosa kata dengan lebih mudah.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siti Anita, universitas muhammadiyah makassar,indonesia

Penulis Utama

Referensi

Hasanah, Raudlatul, Ismalianing Eviyuliwati, dan Maya Deviyanti. 2022. "Pengaruh Permainan Tebak Terhadap Pengetahuan Kosakata Siswa." JURNAL SIBATIK: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 1 (2): 51–60. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i2.12.

Iftitah, Arika Nurul, Abdul Gafur Marzuki, dan Ana Kuliahana. 2020. "Mengembangkan Penguasaan Kosakata Melalui Permainan Tebak Kata untuk Siswa Kelas Tujuh SMP Negeri 10 Palu." Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Datokarama 1 (1): 19–37. https://doi.org/10.24239/dee.v1i1.3.

Niarti, A. 2016. "Meningkatkan kosakata siswa melalui teknik permainan menebak dalam teks deskriptif dalam berbicara." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 5 (12): 1–10. jurnal.untan.ac.id.

Niarti, Agus, Bahasa Inggris, Studi Pendidikan, Pendidikan Seni, Pelatihan Guru, dan Fakultas Pendidikan. n.d. "TEKNIK PERMAINAN TEBAK DALAM TEKS DESKRIPTIF DALAM," 1–10.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Anita, S. ., Idris, R. N. ., Puspita, Y. A. ., & Prabawati Rum, E. . (2023). Permainan Tebak-Tebakan Kata : Cara Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa ESP Di SMA Negeri 13 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i1.663

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama