The Efektivitas Metode Bermain (Menggunting dan Menempel) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompom A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua, Pangkep.

Penulis

  • Khadijah Khairunisa Adnan Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Ayu Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.700

Kata Kunci:

Menggunting, Menempel, motorik halus

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menggunting dan menempel anak yang masih perlu ditingkatkan pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua, Pangkep sehingga peneliti memberikan tahapan menggunting dan menempel dalam proses meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan pembelajaran dengan kegiatan menggunting dan menempel untuk meningkatkan motorik halus  anak usia 4-5 tahun, 2) pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan menggunting dan menempel untuk meningkatkan motorik halus  pada anak usia 4-5 tahun dan 3) peningkatan motorik halus anak setelah mengikuti aktivitas menggunting dan menempel pada anak usia 4-5 tahun. Subyek dari penelitian ini adalah anak didik Kelompok A sebanyak 13 anak. Bentuk dari Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kegiatan menggunting dan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebesar 38,46% meningkat menjadi 61,54% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan menggunting dan menempel mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua, Pangkep.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dimyati, J. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana

Latif, M. Zukhairina. Zubaidah, R. Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana

Kisno. Sari, A. Jannah, M. Syafitri, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting, dan Menempel) pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal. Indonesion Journal of Islamic Golden Age Education. 2 (1),2746-2269.

Widayati, S. Adhe, K. Nafisa, F. Silvia, E. (2019). Tahapan Menggunting Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal.1 (2). 50-57.

Sari, I. ‘Aziz, H. (2018). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 3 (3). 2502-3519.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Khairunisa Adnan, K. ., & Andira, A. (2024). The Efektivitas Metode Bermain (Menggunting dan Menempel) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompom A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Tumampua, Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(3), 364–374. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.700