Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI Gregor Mendel SMAN II Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.749Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Menulis Teks Ceramah, Problem-Based LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kemampuan menulis teks ceramah dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI Gregor Mendel SMA 11 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus., setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan Kelas ini ini dilaksanakan di UPT SMA Negeri 11 Pangkep yang beralamat di Kelurahan Paddoang Doangan, Kec. Pangkajene, Kab. Pangkep, Prov. Sulawesi Selatan.. Subyek Penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Gregor Mendel dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 34 siswa. 23 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus hingga 18 Oktober 2022. Teknik pengumpulan data dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Problem Based Learning, terjadi perubahan positif dan signifikan yaitu kemampuan siswa dalam menulis teks ceramah.
Unduhan
Referensi
Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 75-88. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/inde x.php/diglosia/article/view/10
Akib Erwin, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar.
Andayani. (2015). Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, P., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-112. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/inde x.php/diglosia/article/view/12
Jones, V. F., & Jones, L. S. (1992). Comprehensive Classroom Management. America: The Unitated States of America
Kemdikbud. (2013). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
Lestari, I. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia.
Nasution & Thomas, M. (2014). Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 89-100. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/inde x.php/diglosia/article/view/11
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surono. (1987). Pemandu Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai. Sutikno, S. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi. Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.